blank
Pengecekan pembangunan jalan oleh Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana di Rembang, Selasa 16 Januari 2024. Foto: Humas Pemprov

REMBANG (SUARABARU.ID) – Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengecek hasil pembangunan preservasi jalan di ruas Lasem – Sale Rembang yang telah selesai dikerjakan pada Desember 2023 lalu.

Nana Sudjana menjelaskan, pembangunan jalan di ruas itu, pembiayaannya menggunakan Dana Alokasi Khusus tahun 2023 sebesar Rp 16 miliar.

Berdasarkan tinjauannya, dari total panjang 31,2 kilometer ruas Lasem – Sale, sepanjang 28,4 KM atau 91,03% kondisinya baik. Sisanya 8,97% perlu diperbaiki.

Untuk memperbaiki ruas yang masih perlu diperbaiki itu, Pemprov Jateng sudah mengalokasikan anggaran senilai Rp8,5 miliar untuk keperluan perbaikan tersebut.
Untuk pengerjaannya diperkirakan dimulai pada Maret 2024.

“Di tahun 2024, jadi ada anggaran untuk jalan 1,1 KM dalam bentuk pengaspalan dan 1,6 KM dalam bentuk beton,” kata Nana Sudjana purnawirawan Polri itu, Selasa 16 Januari 2024.

Pembangunan ruas Lasem – Sale, lanjutnya, memang lebih banyak menggunakan beton, karena banyak dilintasi kendaraan berat.

Nana berpesan kepada kontraktor yang nantinya mengerjakan proyek ini untuk bekerja profesional.

“Kami akan melakukan pengecekan terus, terkait dengan masalah spek ataupun kualitas daripada jalan tersebut,” tuturnya.

Menurut Nana, perbaikan jalan Lasem – Sale Kabupaten Rembang yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban Jawa Timur ini, dinilai kan semakin memperlancar arus barang dan orang. Sehingga, menjadi daya ungkit tumbuhnya ekonomi.

Diaz Aza