Ilustrasi orang mual. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Cara menghilangkan rasa mual tidak harus dengan mengkonsumsi obat-obatan. Ada beberapa bahan alami, perubahan cara makan, dan hal-hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat mual.

Sensasi mual yang tidak menyenangkan dapat terjadi karena banyak hal. Lantas bagaimana cara menghilangkan mual tanpa obat yang bisa dicoba di rumah?

Melansir dari Halodoc, begini cara menghilangkan mual dengan mudah yang bisa kamu coba!

1. Jahe
Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk mencegah mual dan muntah. Senyawa aktif yang terkandung dalam rempah ini, seperti gingerol, dapat memengaruhi sistem pencernaan dan sistem saraf pusat, sehingga bisa meredakan mual.

Cobalah mengkonsumsi jahe yang diseduh atau direbus, lalu minum airnya. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk penambah rasa dan nutrisi. Salah satu cara jahe menenangkan saluran pencernaan adalah dengan melepaskan tekanan dari gas dan mempercepat pencernaan.

2. Peppermint
Peppermint telah lama dikenal sebagai cara menghilangkan mual, yang bekerja dengan merelaksasi sistem pencernaan. Cobalah minum secangkir teh peppermint, atau menghirup aromaterapi minyak peppermint.

3. Ubah Pola Makan
Jika kamu mengalami mual setelah makan atau sulit mengkonsumsi makanan saat mual, ada beberapa perubahan pola makan yang dapat membantu, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil, menghindari makanan manis, minum air yang cukup, tapi hindari minum saat makan, jangan berbaring setelah makan, makan secara perlahan, dan
konsumsi makanan hambar.

4. Lakukan Aktivitas Fisik
Sering kali saat mual, pilihan yang paling menarik adalah berbaring di sofa. Namun, sebenarnya dengan melakukan aktivitas fisik ringan, bisa membantu meredakan mual.

Kamu bisa melakukan yoga sambil mengatur pernapasan, atau sekadar berjalan-jalan mencari udara segar. Cara ini bisa efektif menghilangkan mual, terutama jika terjadi karena berada di lingkungan yang pengap atau panas.

5. Akupunktur atau Akupresur
Jika tidak ingin minum obat, kamu juga bisa mencoba akupunktur atau akupresur untuk menghilangkan mual. Akupunktur dilakukan dengan menusuk jarum tipis di titik tertentu. Sementara akupresur merupakan teknik pemijatan dengan memberi tekanan pada bagian tertentu dari tubuh. Pastikan kamu mendatangi terapis akupunktur atau akupresur yang bersertifikat!

Itu tadi beberapa cara menghilangkan mual tanpa obat, yang bisa kamu coba. Jika mual tak kunjung hilang, sebaiknya periksakan ke dokter ya!

Ning S