blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pemetaan Jaringan Perpipaan PDAM Tirtha Dharma di Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.(Foto: News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pemetaan Jaringan Perpipaan PDAM Tirtha Dharma di Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Imam Rofi’i S.T., M.T. anggota Agnesia Putri K. S.T., M.T dan Agus Sarwo Edi S. S.T., M.T. Kegiatan dikuti perwakilan stekholder PDAM dan mahasiswa.

Rofi’i mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan pelatihan di dalam mambuat peta sebaran unit air baku, jaringan tranmisi dan jaringan distribusi dalam bantuk Spasial.

Peserta diberikan materi tentang kegunaan dan pelatihan pemetaan menggunakan sistem informasi Geografis (SIG).

”Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk berkontribusi pada pemberdayaan UMK di Kabupaten Banjarnegara. Kami berharap, melalui kegiatan ini PDAM Tirtha Dharma bisa memiliki data berbasis spasial, dan memilki SDM yang dapat menggoprasikan dan menggunakan SIG dalam menggolah data jaringan perpipaan,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa topik utama yang diangkat dalam kegiatan ini antara lain, pengenalan dan kegunaan Sistem Informasi geografis yang bertujuan untuk memberikan pemahaman awal dalam kaidah-kaidah pemetaan.
Materi lain penggunaan sofwer Acgis 10.4 yang digunakan untuk membuat peta terkait dengan data, updating dan penyajian data dalam bentuk spasial dan layout peta.

”Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk narasumber. Peserta merespons positif terhadap kegiatan ini. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta.
Dengan adanya kegiatan diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai kaidah-kaidah pemetaan dan kemampuan serta keterampilan dalam mengolah dan membuat data dalam bentuk spasial dan dapat di sajikan dalam bentuk peta,” ungkapnya.

Muhaimin