blank
Warga di Jateng mendaftarkan diri sebagai calon PTPS Pemilu 2024. Foto: Dok/Bawaslu

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 132.237 warga di Jawa Tengah mendaftarkan diri sebagai calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024. Mereka mendaftarkan diri ke Kantor Panwaslu Kecamatan yang tersebar di 576 Kecamatan di Jawa Tengah.

Dari jumlah keselurahan, jumlah pendaftar tersebut melebihi dari jumlah yang akan diterima sebagai Pengawas TPS. Jumlah kebutuhan Pengawas TPS dalam pemilu 2024 se-Jawa Tengah sebanyak 117.299.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jawa Tengah, Rofiuddin mengatakan, jumlah pendaftar sebanyak 132.237 tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Sementara itu beberapa kabupaten/kota dengan jumlah pendaftar sangat banyak antara lain, Brebes 7.287, Banyumas 6.494, Cilacap 6.633, Pemalang 5.403, Kota Semarang 5.596, Pati 5.129, Kabupaten Tegal 5.087 dan lainnya.

“Jumlah terbesar ini merujuk pada jumlah kebutuhan TPS di masing-masing daerah. Di daerah-daerah tersebut memang jumlah TPS-nya cukup besar,” kata Rofiuddin, Rabu (10/1/2024).

Disebutkan, Panwaslu kecamatan se-Jawa Tengah melakukan proses seleksi setidaknya dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan seleksi wawancara.

“Seleksi administrasi guna memastikan pendaftar atau calon Pengawas TPS benar-benar memenuhi syarat sebagai PTPS. Misalnya, harus WNI, berusia paling rendah 21 tahun, berpendidikan SMA atau sederajat dan lain-lain. Adapun seleksi wawancara dilakukan untuk memastikan calon PTPS benar-benar layak menjadi PTPS,” ungkapnya.

Panwaslu kecamatan se-Jawa Tengah mengumumkan pendaftar yang lolos seleksi adminitrasi pada Rabu (10/1/2024). Selanjutnya, mereka yang lolos administrasi akan mengikuti seleksi wawancara.

“Panwaslu kecamatan juga membuka kanal atau ruang tanggapan (masukan) dari masyarakat terkait dengan calon-calon PTPS. Jika ada calon PTPS yang dianggap tak memenuhi syarat ataupun dianggap memiliki catatan atau jejak rekam buruk, maka warga bisa melaporkan ke Panwaslu Kecamatan di masing-masing daerah,” terangnya.

Ning S