blank
Siti Atikoh (jongkok) mendengarkan keluhan Wiwik, salah seorang pegemudi ojek pasar, yang membutuhkan pekerjaan yang lebih mapan. Foto: tmgp

BANDAR LAMPUNG (SUARABARU.ID)– Warga Lampung yang tinggal di Way Dadi Baru bernama Wiwik Astuti, tiba-tiba curhat sambil menangis di hadapan istri Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti, saat blusukan ke Pasar Tempel, Bandar Lampung, Rabu (10/1/2024).

Dalam curhatannya itu, Wiwik mengaku sulit mencari pekerjaan. ”Saya sudah lama jadi ojek pasar bu, sudah tujuh tahun. Sekarang susah mau nyari kerjaan bu,” katanya.

Diungkapkannya, dia juga tak bergabung menjadi mitra ojek online. Pasalnya, dia mengaku gagap teknologi, dan tak bisa mengoperasikan gawai dengan maksimal.

BACA JUGA: Wujud Empati, Dandim Blora Bersama Bupati Tinjau Pasar Ngawen Pascakebakaran

”Ya saya gak biasa pakai aplikasi-aplikasi itu bu. Gimana biar orang-orang kayak saya ini bisa mudah dapat kerja,” ucap Wiwik, sambil menyeka air matanya.

Di kesempatan itu, Atikoh menyampaikan, masyarakat seperti Wiwik ini butuh pendampingan dan pelatihan. Sebab, di era teknologi yang semakin berkembang, harus diikuti dengan pengetahuan agar tak tertinggal.

”Makanya kita harus mempersiapkan diri kita, agar bisa mengikuti apa yang jadi perubahan,” ucap Atikoh.

BACA JUGA: Ketua ICW Apresiasi Komitmen Pemkot Semarang dalam Pencegahan Korupsi

Ibu dari Muhammad Zidane Alam Ganjar itu pun, terus mendengarkan curhatan dengan sabar. Sesekali Atikoh menggenggam tangan Wiwik, untuk menguatkan. Ibu satu anak itu pun berkoordinasi dengan relawan, agar membantu memberikan pelatihan.

”Ini tentu PR bagi kami. Saya tadi koordinasi dengan teman-teman yang ada di Lampung, untuk bisa memberikan pelatihan,” tutur Atikoh usai blusukan.

Riyan