Personel Polres bersama aparat dari Kantor KPU Kabupaten Wonogiri, mengamankan proses pelipatan Susu Pemilu, yang melibatkan ratusan pekerja di GOR Giri Mandala Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri melakukan pengamanan proses pelipatan surat suara (Susu) Pemilu 2024. Pelipatan Susu Pemilu yang melibatkan ratusan pekerja ini, dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, pengamanan proses pelipatan Susu Pemilu, diagendakan berlangsung selama 13 hari. Selasa (9/1), merupakan hari kedua pelipatan Susu Pemilu di Wonogiri. Pengamanan, difokuskan pada upaya memastikan setiap tahapan berjalan sesuai prosedur, dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Juga untuk mencegah potensi kecurangan, agar proses pelipatan Susu Pemilu yang dibarengi dengan seleksi sortir lembar Susu yang rusak, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ini penting diwujudkan, sebagai antisipasi hal-hal yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Berkaitan hal tersebut, petugas pengamanan dari Polres bersama aparat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, lebih dulu melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan para pekerja pelipat Susu Pemilu.

Bawaan

Barang bawaan seperti tas diperiksa isinya, ini untuk menghindari kemungkinan membawa benda tajam yang dicurigai dapat merusak lembar surat suara. Juga diperiksa jaket dan bawaan lainnya, untuk kemudian dijauhkan dari tempat pelipatan.

Untuk tugas pelipatan Susu Pemilu, KPU Kabupaten Wonogiri merekrut sebanyak 500 orang pekerja lepas, yang dibagi dalam 250 kelompok. Masing-masing kelompok, terdiri atas dua orang. Guna memudahkan pengawasan dan agar tidak sembarang orang bebas masuk ke ruang pelipatan, setiap pekerja dibekali dengan kartu identitas yang dikalungkan di leher.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menambahkan, sejumlah personel Polwan ikut diturunkan untuk melakukan pemeriksaan kepada pekerja perempuan. ”Dengan pengamanan ini, kami harap proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, berjalan aman, lancar, kondusif dan dapat diwujudkan selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal tahapan yang diagendakan,” jelas AKP Anom Prabowo.

Polres Wonogiri, tambah AKP Anom Prabowo, sejak awal berkomitmen untuk memberikan pengamanan pada semua tahapan pelaksanaan Pemilu. Tujuannya, agar pesta demokrasi bangsa dapat terlaksananya aman, demokratis, transparan, jujur dan adil serta terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Para pekerja Susu Pemilu, direkrut dari warga perkampungan di sekitar GOR Girimandala Kota Wonogiri. Banyak mereka yang telah berpengalaman melakukan tugas pelipatan sebagaimana yang terjadi pada setiap menjelang Pemilu. Mereka senang, karena dari tugas pelipatan tersebut memperoleh upah.
Bambang Pur