Para peserta seminar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di aula UPGRIS. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menyelenggarakan Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.

Seminar dengan tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Media Terbaru” berlangsung di aula Kampus IV UPGRIS, belum lama ini.

Seminar diikuti sekitar 60 mahasiswa semester 1 hingga 5 FPBS UPGRIS. Dalam kegiatan hadir narasumber, Agus Sudono, Widyabasa dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, dan Drs. Muhajir dosen UPGRIS.

Sekretaris Prodi PBSI UPGRIS, R. Yusuf Sidiq B., M.A., berharap mahasiswa mendapatkan bekal wawasan dan pengetahuan dari kegiatan seminar tersebut, dan bekal tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ketika terjun di sekolah. “Diharapkan juga diperoleh hal-hal lain yang dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar,” kata Yusuf.

Sementara itu, Agus Sudono mengatakan, mahasiswa harus bisa memanfaatkan media pembelajaran yang terbaru di sekolah kelak. Menurutnya, pada era yang serba digital tersebut mahasiswa harus bisa memanfaatkan aplikasi atau media sosial yang melimpah untuk pembelajaran yang berbasis digital.

“Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bersama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memiliki aplikasi super yang bernama Halo Bahasa. Aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai media pembelajaran berbasis digital,” jelasnya.

Agus menambahkan, mahasiswa harus menyesuaikan model dan media pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman terkini. Ada beberapa aplikasi berbasis digital yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengajar kelas setelah lulus.

“Mahasiswa tidak boleh malas membuka kamus, termasuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V. Produk yang dapat diakses dalam Halo Bahasa, antara lain, Data Pokok Kebahasaan dan Kesastraan (Dapobas), Senarai Padanan Istilah Asing Indonesia (SPAI), Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, ensiklopedia, dan produk lain,” tambah Agus.

Panitia Seminar, Farinisa Zakiarafi mengatakan, seminar dilaksanakan dalam rangka ujian akhir semester 5 mata kuliah seminar yang diampu oleh dosen Drs. Suyoto dan Dra. Hadi Riwayati Utami.

“Seminar bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Mahasiswa juga diharapkan memiliki bekal pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan mengajarkan bahasa dan satra Indonesia ketika terjun mengajar,” katanya.

Ning S