blank
Petugas Polresta Klaten mendatangi bengkel sepedamotor guna melakukan sosialisasi sekaligus mengintensifkan upaya pencegahan dan penindakan knalpot brong. Foto: Dok/ResKlt

KLATEN (SUARABARU.ID) – Polres Klaten mengintensifkan upaya pencegahan dan penindakan knalpot brong. Kegiatan yang terus menerus dilakukan serta menjadi prioritas, bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya pada tahap kampanye pemilu serentak 2024 ini.

“Kita terus bergerak. Tadi malam personel gabungan Polres juga melaksanakan penindakan di seputaran kota”, kata Kapolres Klaten AKBP Warsono SH SIK MH melalui Kasihumas AKP Abdillah SH MH, Sabtu (6/1/2023).

Pencegahan dan penindakan knalpot brong menurut AKP Abdillah, sangat erat dengan  banyaknya keluhan masyarakat yang menjadi alasan dalam tindakan ini. Dampak penggunaan knalpot brong bisa luas. Selain mengganggu kenyamanan juga bisa menimbulkan gesekan di masyarakat. Ini yang harus dihindari.

“Untuk pencegahan, jajaran Polres Klaten mengambil langkah dengan mendatangi para pemilik bengkel kendaraan. Mereka diminta tidak melayani jasa pembuatan dan pemasangan knalpot brong untuk kendaraan harian,” kata AKP Abdillah.

Tak hanya itu, jajaran Polres Klaten juga melaksanakan sosialisasi di sekolah, komunitas-komunitas motor dan kelompok masyarakat lainnya. Karena itu masyarakat diminta mendukung dan berperan dalam upaya pencegahan knalpot brong.

Sinergi yang positif diharapkan bisa memaksimalkan upaya pencegahan, sehingga Klaten bisa bebas dari knalpot brong. “Bagi orang tua agar anaknya diingatkan, jangan sampe memasang knalpot brong. Begitu juga para tokoh atau yang dituakan dalam suatu komunitas agar mengingatkan anggotanya.”, jelas Kasihumas Polres Klaten.

Bagus Adji