Mendag Zulkifli Hasan didampingi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih di Pandan Kuning Park Pantai Petanahan, Jumat 29/12.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARUID) – Menjelang pergantian tahun baru Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifi Hasan meresmikan wisata baru di Kebumen, Pandan Kuning Park, Petanahan, Jumat (29/12) sore.

Peresmian ditandai penandatanganan prasasti oleh Mendag di dampingi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Ketua DPRD Kebumen Sarimun dan jajaran Forkopimda.

Hadir pula Sekjen Kemendag Suhanto yang juga putra Kebumen serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto.

Pintu Gerbang Pandan Kuning Park di Pantai Petanahan, Kebumen, kini makin cantik.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Mendag menyambut baik sekaligus mengapresiasi kemajuan Kebumen di bawah kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto. Ia mengaku sudah empat kali datang ke Kebumen, dan saat ini daerah tersebut jauh lebih maju.

“Dulu saya ingat 2010 pernah datang ke Pandan Kuning meresmikan kawasan hutan cemara. Sekarang bukan hanya lebat, tapi sudah tambah cantik dan indah dengan hadirnya Pandan Kuning Park. Salut buat Bapak Bupati yang berpikiran maju,”ujar Zulkifli.

Pria yang diakrab Zulhas ini percaya majunya pariwisata di Kebumen akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, di situ UMKM akan semakin banyak tumbuh, jasa transportasi meningkat. Demikian pula pemandu wisata serta kulinernya.

“Pokoknya kalau wisatanya maju itu bagus, banyak orang jadi sibuk bekerja, ekonomi bergerak, kesejahteraan meningkat,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menteri Perdagangan. Ia menyebut, hadirnya pejabat Pemerintah Pusat menambah semangat bagi Pemerintah Daerah untuk mengembangkan potensi yang ada.

“Kehadiran Pak Menteri selalu memberikan manfaat. Beberapa tahun lalu datang ke sini ikut menanam pohon pinus di Pantai Petanahan, sekarang datang ke sini meresmikan Pandan Kuning Park, tentu ini akan selalu dikenang dalam sejarah,”ujar Arif Sugiyanto.

Mendag Zulkifli Hasan dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memotong rangkaian bunga di Pandan Kuning Park, Petanahan, Jumat 29/12.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Bupati pun bersyukur, Mendag telah banyak membantu pembangunan di Kebumen. Pasar-pasar tradisional yang dibangun Kementerian Perdagangan merupakan salah satu bukti kepedulian Kemendag yang luar biasa bagi Kebumen.

Pandan Kuning Park di kawasan Pantai Petanahan, sekitar 18 km selatan Kebumen,  merupakan wisata baru milik Pemkab Kebumen yang didesain layaknya miniatur Ancol. Wisata ini menghadirkan 10 wahana permainan yang menarik.

Lokasinya berdampingan dengan kawasan Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kebumen atau Shrimp Estate yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Joko Widodo. BUBK menjadi proyek percontohan nasional.

Wahana di Pandan Kuning Park diantaranya ada kuda putar, komedi putar, Kolam Sepeda Air, Bom Bom Car, Kolam Kecehan atau kolam tumpah, dan Kereta Ceria. Kemudian tersedia cafe, resto, area kantin, panggung perahu dan lain sebagainya.

Bupati menuturkan, adanya Pandan Kuning Park ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kebumen di sisi selatan. Hal ini didukung dengan upaya Pemkab Kebumen menerapkan konsep KITA (Kebumen Integrated Tourism Area).

“Pandan Kuning ini nantinya menjadi ikon dari wisata Kebumen yang terintegrasi dengan wisata-wisata lain di sisi selatan. Untuk pengembangan wisata, Pemerintah Daerah memiliki konsep KITA yang mengintegrasikan satu wisata dengan wisata yang lain,”terang Arif Sugiyanto.

Bupati menuturkan, Pandan Kuning Park menjadi tempat wisata strategis karena berdekatan dengan jalur jalan nasional pantai selatan yang menyambung sampai Yogyakarta.Bahkan jarak antara Bandara YIA Yogyakarta ke lokasi hanya sekitar satu jam dengan track lurus layaknya jalan tol.

“Pandan Kuning Park sementara kita bangun di atas lahan dengan luas tiga hektare, dan bakal dilanjutkan pengembangannya di 2024. Pada awal tahun 2024 Insya Allah masyarakat sudah bisa menikmati wahana ini,”imbuh Bupati.

Komper Wardopo