blank
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd., M.M usai membuka acara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Komunitas Melawan Takut Jepara telah sukses menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Penyambutan Mette Menuju Perguruan Tinggi Impian Tahun 2024” di Pendopo Kartini Jepara Sabtu (30/12). Kegiatan ini merupakan bentuk penyambutan 40 peserta didik kelas 12 SMA/MA/sederajat. Mereka adalah peserta didik yang terpilih dari tahapan seleksi tes tertulis yang diikuti oleh sekitar 200 peserta.

Kegiatan dimulai dengan mentoring kelompok. Para mentee dibagi dalam kelompok untuk mendapatkan bimbingan dan arahan menuju perguruan tinggi impian mereka bersama mentor masing-masing.

Acara kemudian dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara, Ali Hidayat, S.Pd., M.M. Pada momen tersebut, ia memberi semangat dan motivasi bagi mentee untuk bisa memperjuangkan mimpi mereka menuju kampus impian.

“Semoga dengan adanya program ini bisa menjadi bagian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan IPM Kabupaten Jepara. Semoga seluruh peserta nantinya diterima diseluruh Perguruan Tinggi impiannya,” ujar Ali Hidayat, S.Pd., M.M.

Setelah pembukaan acara, kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi tentang pentingnya studi tingkat lanjut. Materi disampaikan oleh Maulina Istighfaroh yang merupakan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Maulina menyampaikan bahwa kuliah itu sangat penting dan bisa membuka berbagai kesempatan yang tidak dirasakan saat masa-masa sekolah. Penyampaian materi ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama para mentee.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan penugasan kelompok yang harus diselesaikan oleh para mentee. Koordinator Melawan Takut, Riqi Ainun Naja, memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai program dan kegiatan yang akan dijalankan.
Selain itu, para mentee juga menandatangani surat komitmen sebagai tanda keseriusan mereka dalam menjalani program di Melawan Takut. Kegiatan ini selesai pada pukul 14.30 dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Komunitas Melawan Takut

Melawan Takut adalah sebuah komunitas anak muda di Kab. Jepara yang dirintis sejak 2016. Sejak tahun 2019 komunitas ini mengelola program “Menuju Perguruan Tinggi Impian”. Sebuah program pendampingan bagi siswa (kelas ekonomi menengah bawah) untuk mengarungi seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Pendampingan yang diberikan meliputi sistem pembelajaran, pendampingan psikologis, pemilihan jurusan, materi dan try out rutin, informasi beasiswa, dan hal-hal lain yang dibutuhkan siswa selama mengarungi seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Program ini 100% GRATISS tanpa dipungut biaya apapun. Sejak 2019, program ini telah meluluskan lebih dari 60 siswa yang diterima diberbagai Perguruan Tinggi di Pulau Jawa.
Hadepe – Maulina