Ketua LP Ma'arif beserta Kepala MTs-MA Matholibul Huda dan Jajaran Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mempersiapkan generasi yang siap menyambut estafet kepemimpinan masa depan, PC IPNU-IPPNU Jepara menggelar kegiatan kaderisasi yang bertajuk Latihan Kepemimpinan Pelajar ( LKP). Kegiatan yang melibatkan Ketua Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU MTs-MA di bawah naungan LP Ma’arif NU Jepara dilaksanakan di MTs-MA Matholibul Huda Mlonggo Jepara.

Sebanyak 142 peserta yang terdiri dari 76 siswa-siswi Madrasah Aliyah dan 66 siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah ambil bagian dalam kegiatan yang digelar selama dua hari mulai tanggal 27-28 Desember 2023.

Ketua PC IPNU M. Jamaluddin serahkan SK kepada Ketua FKPK terpilih, Kemas Mas M. Ibrahim

Hadir sebagai narasumber sekaligus membuka acara LKP Ketua Tanfidziyah PCNU, KH. Charis Rohman didampingi Ketua LP Ma’arif NU Jepara, Mualimin. Tampak hadir pula Kepala MTs Matholibul Huda, Nur Kholiq dan juga Kepala MA Matholibul Huda, Kaloka. Dari Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Jepara tampak hadir Muhammad Jamaluddin, Ketua PC IPNU dan Miftahul Ilya Nasroh, Ketua PC IPPNU beserta jajarannya.

KH. Charis Rohman mengingatkan bahwa IPNU-IPPNU sebagai Banom NU harus mempersiapkan generasi unggul sebanyak-banyaknya dalam rangka menyongsong Indonesia emas dan Nahdlatul Ulama di masa depan. Kiai Charis juga mengajak kepada pelajar-pelajar madrasah harus banyak membaca buku untuk memperkaya khazanah keilmuan dan membuka wawasan.
” Pelajar madrasah harus banyak membaca literasi agar wawasannya terbuka dan menjadi generasi unggul yang siap menatap masa depan,” tegasnya.

Ketua PC IPPNU, Miftahul Ilya Nasroh serahkan SK kepada Ketua FKPK IPPNU, Maulidisa Martha

Sementara itu Mualimin, Ketua LP Ma’arif berpesan agar peserta LKP mengikuti kegiatan dengan serius dan ceria. Karena dengan mengikuti kegiatan ini peserta mendapat pengalaman, pengetahuan, dan teman baru yang sama-sama bergerak sebagai aktivis Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU. ” Meskipun hari libur rekan-rekanita tetap semangat mengikuti kegiatan LPK. Anggap saja ini liburannya aktivis,” tutur Mualimin sambil bergurau.

Muhammad Jamaluddin, Ketua PC IPNU menuturkan bahwa pembentukan karakter pelajar harus dimulai dari Pimpinan Komisariat ( PK). Karena PK suplai terbesar kader-kader IPNU-IPPNU yang kelak mewarnai kepengurusan di tingkat cabang. Sementara Miftahul Ilya Nasroh, Ketua PC IPPNU berharap peserta LKP dapat menularkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Latihan Kepemimpinan Pelajar kepada Pengurus Pimpinan Komisariat di masing-masing madrasah.

Mizan Sya’roni, Wakil Sekretaris LP Ma’arif NU Jepara sebagai narasumber

Di tengah-tengah kegiatan Latihan Kepemimpinan Pelajar juga dibentuk Forum Komunikasi Pimpinan Komisariat ( FKPK) Cabang Jepara jenjang MTs yang diketuai oleh Kemas Mas M. Ibrahim S, asal MTs Amtsilati Jepara sebagai Ketua FKPK IPNU dan Maulidisa Martha Zaskia Eyka Ajhmita, siswi asal MTs Miftahul Huda Bulungan sebagai Ketua FKPK IPPNU Cabang Jepara.

Tindak lanjut dari kegiatan Latihan Kepemimpinan Pelajar ini adalah Pimpinan Komisariat di masing-masing madrasah akan mengadakan kegiatan LKP di masing-masing Pimpinan Komisariatnya sehingga menjadi penggerak kegiatan IPNU-IPPNU. Dengan demikian kegiatan Komisariat IPNU-IPPNU semakin hidup dan eksis sehingga tumbuh kader-kader NU yang tangguh, militan, dan kapabel.

Hadepe – Sub