blank
Begitu Sukidi berhasil dievakuasi dari lubang sumur, kemudian segera dimasukkan mobil ambulan, untuk dilarikan ke RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Regu Piket Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Rabu (27/12), mengevakuasi penguras sumur yang pingsan di dasar lubang sumur. Korban bernama Sukidi (55), warga Dusun Jatinganten Tanjungrejo, Desa Timang, Kecamatan Wonogiri, Kabupten Wonogiri.

Ketua Regu IV Sriyanto Kembo, melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, Sukidi, mengalami pingsan di dasar sumur. Diduga, dia menderita kekurangan oksigen (O2) dan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Evakuasi penyelamatan Sukidi, dilakukan memakai teknik vertical rescue. Begitu berhasil ditarik ke atas, kemudian segera dilarikan ke RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri, untuk mendapatkan perawatan medis secara intensif dari dokter.

Informasi dari tempat kejadian menyebutkan, saat itu Sukidi bertugas menguras sumur milik Apri Nur Fajri, di Dusun Tanjungrejo RT 03/RW 06, Desa Timang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Sumur itu memiliki kedalaman sekitar 15 Meter (M). Bersamaan dengan belum turunnya hujan, pemilik bermaksud melakukan pengurasan, agar kondisinya bersih.

Dalam melakukan pengurasan sumur, Sukidi, memakai cara manual. Awalnya, seluruh air sumur dikuras dengan cara ditimba. Sebelum kemudian, dia turun ke dasar lubang sumur untuk menuntaskan pengurasan endapan lumpurnya.

Tapi malang, dia mengalami pingsan di dasar sumur. Warga panik dan meminta bantuan ke Kantor Damkar Pemkab Wonogiri. Menanggapi permohonan bantuan, personel fire man yang bertugas piket, segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pertolongan dan penyelamatan.
Bambang Pur