blank
Kepala BNN Kabupaten Kendal, Anna Setyawati (tengah) sedang menyampaikan materi press release akhir tahun 2023. Foto: Spw

KENDAL (SUARABARU.ID)– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal, terus melakukan percepatan atau akselerasi dalam upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika(P4GN).

Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan Kendal bersih dari narkoba(Bersinar). Dalam percepatan ini, BNN Kabupaten Kendal mengusung empat strategi yakni, soft power approach, hard power approach, smart power approach dan cooperation.

“Strategi soft power approach meliputi bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi. Melalui strategi tersebut, BNN Kabupaten Kendal, telah melakukan banyak pencapaian dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Kepala BNN Kabupaten Kendal, Anna Setyawati, saat menggelar acara Press Release akhir tahun 2023, di ruang kantor setempat, Rabu(27/12/2023) siang.

Menurut Anna, pada tahun 2023, melalui bidang pencegahan, BNN Kabupaten Kendal telah membentuk empat Desa Bersinar yaitu Desa Tosari Kecamatan Brangsong, Desa Penyangkringan Kecamatan Weleri, Desa Peron Kecamatan Limbangan, dan Desa Margosari Kecamatan Limbangan.

Kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya pembentukan Desa Bersinar, adalah rapat koordinasi pada Desa Bersinar.

Sementara untuk hard power approach, sepanjang tahun 2023, BNN Kabupaten Kendal melakukan upaya pengungkapan kasus narkotika dan telah menyelesaikan satu berkas laporan kasus narkotika dengan barang bukti yang disita berupa sabu seberat 0,57 gram.

“Lokasi ungkap kasus, di Desa Pucuksari, Kecamatan Weleri dengan satu orang tersangka dengan inisial BKYE,”ujar Anna.

Selain itu, BNN Kendal juga telah melaksanakan asesmen terpadu terhadap 12 orang terperiksa dari Polres Kendal, seorang dari Polres Demak dan lima orang dari Polres Grobogan.

Total pelaksanaan asesmen terpadu sepanjang tahun 2023, adalah 18 orang terperiksa.

Sedangkan untuk strategi smart power approach, BNN Kabupaten Kendal, memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas seperti penggunaan e-mendik atau administrasi penyidikan di bidang pemberantasan, sistem informasi rehabilitasi narkoba(New Sirena) di bidang rehabilitasi, sistem aplikasi keuangan tingkat instansi(Sakti).

Kemudian sistem informasi manajemen aset negara(Siman), online monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara(Om Span), modul penerimaan negara(MPN), digital treasury(Digit Kemenkeu) dalam bidang administrasi keuangan, sistem informasi narkoba(SIN) dalam bidang informasi berbasis web dan layanan konsultasi online melalui call centre 08981812500.

Sementara untuk strategi cooperation, BNN Kabupaten Kendal menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan komponen masyarakat, lingkungan swasta dan lembaga pendidikan di Kabupaten Kendal.

“Sepanjang tahun 2023, BNN Kabupaten Kendal telah menandatangani 58 dokumen kerja sama dengan rincian, 14 dokumen kerja sama dengan instansi pemerintah, tiga dokumen kerja sama dengan swasta, 25 lingkungan pendidikan dan 16 komponen masyarakat,” ucap Anna.

Anna juga menyampaikan, BNN Kendal juga mendapatkan penghargaan satuan kerja terbaik ke-2 nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran(IKPA) dengan nilai 99,89 semester pertama tahun 2023, dari Direktorat Jenderal  Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia(RI).

Sapawi