blank
Perwakilan Bawaslu Kota Semarang menerima penghargaan sebagai badan publik informatif  peringkat 1 di Patra Jasa Hotel. Foto: Bawaslu

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang di penghujung tahun 2023 berhasil mendapatkan Predikat Badan Publik Informatif Peringkat 1 se-Jawa Tengah.

Kegiatan penganugerahan ini dilangsungkan di Patra Jasa Hotel oleh Komisi Informasi Jawa Tengah dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023, belum lama ini.

Dalam helatan tersebut juga hadir Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Forkopimda, Kepala SKPD se Jawa Tengah dan Badan Vertikal yang masuk dalam pemeringkatan penilaian keterbukaan informasi Publik.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman, saat hadir secara langsung menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah diawali dengan beberapa tahap penilaian di antaranya Monev Tahap 1 Penilaian Website, Monev Tahap 2 Pengisian SAQ (Self Assessment Questionnaire) dan Presentasi Monev Evaluasi Keterbukaan Informasi.

“Penilaian ini sudah kita ikuti secara lengkap dan diupayakan menjadi badan vertikal yang transparan khususnya mengenai data pengawasan kepemiluan,” kata Arief selaku Pembina PPID Bawaslu Kota Semarang.

Lebih lanjut Arief menegaskan capaian kinerja predikat ini juga merupakan hasil kerja keras semua lini di Bawaslu Kota Semarang untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat secara transparan dan akurat.

Selain itu, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Bawaslu Kota Semarang mendapatkan nilai 91,67 dimana hasil akhir diatas 90 mendapatkan predikat Informatif, setelah sebelumnya sejak 2019 mengikuti penilaian Keterbukaan Informasi oleh Komisi Informasi Jawa Tengah mendapatkan predikat Menuju Informatif.

“Setelah 5 Tahun Bawaslu Kota Semarang terbentuk untuk pertama kalinya kami mendapatkan anugerah sebagai Badan Publik Informatif Peringkat 1,” ungkap Arief.

Arief berharap hal ini menjadi pacuan semangat agar kedepan semakin berinovasi dan terbuka memberikan pelayanan data khususnya Pemilu Tahun 2024 dan Pemilihan Tahun 2024.

Hery Priyono