blank
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana usai membuka Posko Nataru di Semarang, Jumat 22 Desember 2023. Foto: Pemprov Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) membuka posko terpadu mulai 22 Desember 2023 hingga dua pekan ke depan.

Menurut Nana Sudjana, posko yang didirikan di Kantor Gubernur Jawa Tengah tersebut berfungsi untuk mengamankan liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

“Posko ini tugasnya untuk mengendalikan posko-posko yang ada di lapangan,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana usai membuka Posko Nataru di Semarang, Jumat, (22 Desember 2023) sore.

Posko terpadu itu, akan digunakan untuk mengendalikan posko baik yang ada di 22 terminal, posko perbatasan, posko tempat wisata, maupun posko di keramaian-keramaian.

Dalam posko terpadu itu, ada sebanyak sembilan koordinator bidang, meliputi koordinator bidang komunikasi dan informatika, penanggulangan bencana, kamtibmas, kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), infrastruktur, kesehatan, energi, lalu lintas dan transportasi.

Setiap koordinator bidang memiliki tanggung jawab masing-masing. Koordinator bidang transportasi bertugas memonitor pergerakan penumpang, koordinator bidang energi bertanggung jawab memonitor ketersediaan BBM dan listrik, dan koordinator bidang kamtibmas bertugas memantau pasar tumpah dan keamanan tempat ibadah.

“Jateng ini merupakan sentral, sentralnya Jawa. Jadi masyarakat dari Jakarta  akan banyak yang ke Jateng, dan juga ada yang ke Jatim, sehingga memang perlu kesiapan dan kesiapsiagaan,” kata Nana.

Nana memastikan, personel yang bertugas untuk pengamanan nataru di Jateng ini sudah siap.

“Insyaa Allah, petugas sudah siap mengantisipasi dengan berbagai kegiatan,” tuturnya.

Keberadaan posko terpadu ini, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan respon cepat kepada masyarakat, jika menemui kendala ketika melakukan aktivitas di momen Nataru.

Bahkan, Pokso terpadu tersebut juga menyediakan call center yang bisa dihubungi masyarakat. Apabila membutuhkan bantuan, masyarakat dapat menghubungi call center 08112790123.

Dikatakan Nana, posko terpadu ini merupakan satu kesatuan dari berbagai stakeholder, mulai dari pemda, TNI dan Polri, Pramuka, Orari, dari BMKG, dan RAPI.

Dalam kesempatan tersebut, Nana mengimbau, masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas di libur Nataru, agar menjaga kesehatan, dan senantiasa mencari informasi mengenai cuaca ataupun kondisi lalu lintas, untuk memastikan perjalanannya lancar.

Diaz Aza