blank
SDN 1 Kedungsarimulyo telah menggalakkan sedekah jum’at yang disalurkan ke masjid “Baitur Rohman” Desa Kedungsarimulyo

Oleh: Machmud Reza Fachrizal, S.Pd.SD

Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang untuk kemaslahatan umum. Sedekah dalam bahasa arab yaitu shadaqah, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti kebenaran. Sedekah merupakan salah satu diatara beberapa amalan yang disukai Allah SWT.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, dan sudah tidak asing lagi dengan kata GADGET. Mulai anak-anak sampai lanjut usia pun pasti mengenal apa itu GADGET. Sekarang teknologi begitu canggih, sampai kita digilas oleh waktu karena asyik atau gemar bermain gadget di setiap saat. Bahkan usia anak-anak pun sudah piawai dalam megoperasikan android yang saat ini bisa dikatakan bukan barang mewah lagi.

blank
Machmud Reza Fachrizal, S.Pd.SD

Kebiasaan ini akan menjerumuskan kita ke dalam lubang yang menyusutkan kebaikan-kebaikan yang ada dalam diri. Nah, mari kita merenung sejenak, bagaimana bisa menjadi seperti idola kita, yaitu Nabi Besar Muhammad SAW.

Sejak tiga tahun yang lalu, di SDN 1 Kedungsarimulyo telah menggalakkan sedekah jum’at. Hal ini bertujuan untuk rasa saling berbagi sesuai kemampuan. Peran serta dan dukungan baik dari sekolah maupun orang tua siswa memotivasi kegiatan ini.

Hasil dari sedekah jum’at, akan disalurkan ke Masjid “Baitur Rohman” Desa Kedungsarimulyo Kecamatan Welahan kabupaten Jepara, yang saat ini masih proses pembangunan sejak tahun 2019.

Pembiasaan bersedekah sejak dini menjadi salah satu unggulan di SDN 1 Kedungsarimulyo. Sedekah tidak harus berupa materi/ barang. Senyum pun juga termasuk ibadah dan sedekah, termasuk juga dalam 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun ). Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Tarmidzi, yang artinya “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.”

blank
Siswa SD SDN 1 Kedungsarimulyo kumpulkan sedekah

Menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mengisi waktu-waktu yang kadang terbuang sia-sia dengan kebaikan-kebaikan yang selama mudah dilakukan, tapi terkadang atau sering terlupakan. Menyiapkan yang terbaik untuk disedekahkan di jalan Allah, pasti akan terasa berbeda karena hartamu selanjutnya setelah sedekah akan diselimuti keberkahan yang luar biasa.

Mari kita tanamkan sejak dini, untuk gemar bersedekah agar menjadi terbiasa dikemudian hari. Harta/ sesuatu yang kita miliki bukanlah kekal, sebagian adalah milik orang lain dan semua akan kembali ke sang pencipta. Sedekah merupakan amal yang tidak akan pernah putus sampai kita mati.
Salam SEDEkah membawa berKAH

Penulis adalah Guru SDN 1 Kedungsarimulyo Satkordikcam Welahan