Para pihak yang terlibat dalam karya bakti bersama TNI-Polri, mendapatkan pengarahan, sebelum melaksanakan tugas membersihkan kompleks Pasar Hewan di Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para prajurit TNI AD dari jajaran Kodim 0728 bersama personel Polres Wonogiri dan para relawan, menggelar karya bakti membersihkan Pasar Hewan di Ibukota Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, karya bakti bersama ini dipimpin Danramil Sidoharjo-17 Kapten (Cba) Oyon Subiyanto bersama Kapolsek Sidoharjo Iptu Mulyanto. Melibatkan aparat dari Pemerintah Kecamatan Sidoharjo Pimpinan Camat Sarosa.

Juga melibatkan perangkat desa/kelurahan dari Kayuloko, para relawan siaga bencana dari sejumlah komunitas, petugas pengelola pasar dan warga masyarakat. Ini sebagai upaya bersama menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di Pasar Hewan yang menjadi tempat transaksi ternak dengan memiliki jadwal Hari Pasaran Pon dan Kliwon tersebut.

Sasaran karya bakti, melakukan pembersihan sampah, membersihkan ruas jalan sebagai fasilitas infrastruktur jalur masuk ke pasar. Membersihkan area pasar dalam pasar dan sekitarnya. Juga melakukan pembersihan saluran air dan fasilitas drainase yang ada di pasar.

Semua itu, dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kebersihan lingkungan pasar sebagai tempat publik. Yakni untuk mencipatakan situasi yang bersih, nyaman, sehat dan indah.

Saluran pembuangan air yang tersumbat, dibersihkan oleh para peserta karya bakti. Agar bila nanti turun hujan lebat, tidak memicu terjadinya genangan banjir yang meluap ke mana-mana. Bersamaan itu, juga dilakukan penanaman pohon penghijauan di kompleks pasar dan sekitarnya, termasuk di aliran sungai untuk mencegah banjir dan bencana tanah longsor.

Kapolsek Sidoharjo, Iptu Mulyanto, memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, dan berharap kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat. Utamanya untuk menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.
Bambang Pur