blank
Sejumlah warga masyarakat saat mendapatkan pelayanan di Yellow Clinic di Kota Semarang, Kamis 21 Desember 2023. Foto: Diaz Aza

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Politikus Partai Golkar Jacobus Dwihartanto mengungkapkan Yellow Clinic yang berada di Kota Semarang sudah bisa memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat Kota Semarang khsususnya secara gratis melalui kepesertaan BPJS Kesehatan.

Jacobus Dwihartanto yang juga calon legislatif (caleg) DPR RI Dapil Jateng 1 Partai Golkar itu menguraikan, fasilitas kesehatan (faskes) Yellow Clinic juga sudah dilengkapi sejumlah sarana prasarana lain yang memadai untuk pelayanannya.

“Semua fasilitas ini untuk masyarakat, sebagai bentuk kepedulian kami dari Partai Golkar di bidang kesehatan,” ujarnya saat mengunjungi kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Yellow Clinic, kompleks Kantor DPD Partai Golkar Jateng, Jl Kyai Saleh Semarang, Kamis 21 Desember 2023.

Yellow Clinic, sebutnya juga sudah punya komitmen untuk membantu meminimalkan dampak bencana banjir yang berpotensi terjadi saat musim penghujan tiba.

blank
Jacobus Dwihartato menunjukkan mobil mesin penjernih air yang bisa digunakan untuk menjernihkan air dalam membantu pemulihan bencana.  Foto: Diaz Aza

Salah satu dampak yakni krisis air bersih, fasilitas kesehatan Yellow Clinic yang didirikan oleh Partai Golkar tersebut telah berinisiatif membuat mesin penjernih air.

Menurut Jacobus Dwihartanto, sosok yang akrab disapa itu, mesin penjernih air menyatu dengan kendaraan (mobil/truk), sehingga memudahkan untuk digunakan secara mobilitas.

“Melalui metode pengolahan tertentu, mesin ini berfungsi mengubah air kotor atau air limpahan banjir menjadi air bersih atau layak pakai,” kata Jacobus.

Saat ini pihaknya memiliki enam unit kendaraan di Indonesia, di mana kendaraan tersebut disiagakan di sejumlah lokasi sesuai potensi kebencanaan.

Dia juga memastikan, Partai Golkar atau Yellow Clinic siap menambah unit kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Untuk saat ini, keenam kendaraan disiagakan di Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Lebih jauh, Jacobus Dwihartanto tercatat di Dapil Jateng I meliputi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal serta Salatiga punya target suara di Pemilu 2024 ini.

Dia menargetkan mampu mendulang 300 ribu suara pada Pileg 2024 mendatang, di mana untuk Kota Semarang optimistis bakal meraup 100 ribu suara.

Sementara itu, menurut Ketua Yellow Clinic Kota Semarang, Hani Hapsari Ramayana, klinik yang diresmikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ini secara sarana prasarana sudah lengkap atau memenuhi standar layaknya faskes tingkat pratama.

“Kami memiliki sejumlah poliklinik, seperti poliklinik gigi dan umum. Sebelumya kami juga menyelenggarakan beberapa pengobatan gratis untuk masyarakat di banyak tempat,” kata dia.

Diaz Aza