blank
Sebanyak 16 adik-adik Penggalang Gudep 10.078/10.077 SMPN 1 Kalinyamatan yang dipimpin Ka Mabigus Kak Sudarto, S.Pd., M.P ikuti giat Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pramuka Garuda merupakan tingkat kecakapan tertinggi pada setiap jenjang peserta didik yang mencerminkan partisipasi, bakti, prestasi, prakarsa dan keteladanan. Untuk itu diberikan kesempatan kepada peserta didik yang telah mencapai kecakapan umum tertinggi pada jenjang pramuka (Siaga Tata, Penggalang Terap, Penegak Laksana dan Pandega) untuk menempuh kecakapan Pramuka Garuda.

Alhamdulillah, pada Rabu, 20 Desember 2023 sebanyak 16 adik-adik Penggalang Gudep 10.078/10.077 SMPN 1 Kalinyamatan yang dipimpin Ka Mabigus Kak Sudarto, S.Pd., M.Pd, beserta Siaga, Penggalang dan Penegak Gudep/Pangkalan Sekolah/Madrasah di Kecamatan Kalinyamatan, mengikuti giat Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

blank
Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara

Kegiatan  berpusat di Pangkalan SMPN 1 Kalinyamatan, dengan jumlah peserta 96 siswa yang terdiri dari 28 Siaga, 47 Penggalang, dan 21 Penegak dari 8 Pangkalan menjadi momen penting bagi adik-adik menjadi seorang Pramuka Garuda.

Kegiatan Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda tingkat Kwartir Ranting Kalinyamatan sebagai Ketua Kwartir Kalinyamatan Kak Sarwono, S.Pd., dan ketua Panitiat kegiatan Kak Andika Fajri Mubarrok, S.Pd. M.Pd., meliputi tiga rangkaian kegiatan yaitu Upacara Pembukaan, Penilaian, dan Pelantikan

blank
Kak Agus Tri Harjono, S.H.,MM, selaku Waka Binamuda Kwartir Cabang Jepara yang membuka acara dan melantik para Pramuka Garuda,

Upacara pembukaan dilaksanakan di Aula SMPN 1 Kalinyamatan dihadiri oleh Pembina, Kamabigus dari beberapa pangkalan, Pengurus Kwartir Ranting Kalinyamatan serta Kwartir Cabang Jepara.

Dalam kesempatan ini, Kak Agus Tri Harjono, S.H.,MM,  selaku Waka Binamuda Kwartir Cabang Jepara yang membuka acara dan melantik para Pramuka Garuda, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pramuka Garuda itu luar biasa, namun menjadi seorang Pramuka Garuda itu tidak mudah, melewati banyak ujian dan tantangan.

blank
Sebanyak 16 adik-adik Penggalang Gudep 10.078/10.077 SMPN 1 Kalinyamatan usai dilantik

“Bahkan setelah dilantik harus bisa mengemban tanggung jawab besar untuk menjadi contoh suri tauladan dan selalu berbakti bagi Agama, Keluarga, Masyarakat dan Negara,” ujar  Kak Agus Tri Harjono, S.H.,MM

Kegiatan dilanjutkan dengan penilaian, dengan materi penilaian kecakapan kepramukaan antara lain tes tertulis,  kemampuan mengoperasikan komputer dan hasta karya, serta penilaian yang terakhir yaitu  SKK dan TKK.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.00-16.00 WIB, ditutup dengan upacara pelantikan dan perwakilan penyematan tanda Garuda oleh Wakabinamuda Kwartir Cabang Jepara dilanjutkan oleh ayah bunda masing-masing dengan rasa bangga dan suasana haru.

Catur Ratnawati, S.Pd., M.Pd, sebagai pembina pendamping, mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah menempuh perjuangan menjadi seorang Pramuka Garuda. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat dalam berkegiatan pramuka dan semoga Gugus Depan SMPN 1 Kalinyamatan semakin maju, unggul dan berkualitas dalam menyelenggarakan kegiatan kepramukaan,”ujarnya

Iajuga menyampaikan terima kasih atas bimbingan, dukungan dan doa terbaik dari Ayah Bunda, kakak Pembina Gudep SMPN 1 Kalinyamatan, Komite, Kwartir Ranting Kalinyamatan, Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Jepara dan seluruh pihak dalam membantu menyukseskan kegiatan Pramuka Garuda.

Hadepe – Catur Ratnawati, S.Pd., M.Pd,, Pembina Pramuka SMPN 1 Kalinyamatan