Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Public Speaking ke anggota remaja Karang Taruna guna meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum di Balai Kelurahan Bangetayu Wetan, Kota Semarang baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Public Speaking ke anggota  Karang Taruna di Balai Kelurahan Bangetayu Wetan, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Kegiatan dihadiri 20 peserta, dengan tiga narasumber yakni dosen Fakultas Psikologi USM, Adiprana Yogatama, S.S., M.Hum, M. Nanang Irawan B.S., M.Psi., Psikolog, dan Irwan Desyantoro, S.Psi., M.Psi.

Ketua pelaksana, Adiprana Yogatama, S.S., M.Hum mengatakan, orang yang akan berbicara di depan umum harus mempersiapkan diri agar tidak panik ketika berbicara.

”Mempersiapkan untuk berbicara di depan umum itu penting baik dari perasaan pembicara ataupun penguasaan materi yang disampaikan,” kata Yogatama.

Hal senada dikatakan M Nanang Irawan BS. Menurutnya, menjadi pembicara harus banyak berlatih supaya terampil dalam berkomunikasi dengan baik dan mudah dipahami audience.

”Selalu menyiapkan diri dengan dasar dari pengetahuan, informasi, dan ide yang akan disampaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Irwan mengatakan, berbicara di depan umum dapat dilihat dari cara seseorang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

”Komunikasi yang buruk pada lawan bicara dapat menimbulkan kesalahpahaman arti dalam menangkap materi yang diberikan,” ungkapnya.

Muhaimin