blank
Dipimpin Kabag SDM AKP Marwanto, Polres Wonogiri menurunkan 35 personel untuk mengamankan Misa di tiga gereja. Pengamanan juga dilakukan pada ruas jalan depan gereja, untuk mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kabag SDM Polres Wonogiri, AKP Marwanto, Minggu (17/12), tampil memimpin pengamanan Misa Minggu di 3 gereja. Terdiri atas Gereja Katolik Yohanes Rasul, Gereja Kristen  Indonesia (GKI) Wonogiri, dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sanggrahan Wonogiri.

Misa adalah istilah untuk Perayaan Ekaristi dalam ritus liturgi Barat dari Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Ritus Barat, tradisi Anglo-Katolik dalam Gereja Anglikan dan beberapa Gereja Lutheran. Di negara-negara Baltik dan Skandinavia, ibadah ekaristi Gereja Lutheran juga disebut “Misa”.

Di Indonesia, Misa dan Perayaan Ekaristi, dirayakan dalam Bahasa Indonesia dan dilaksanakan menurut Tata Perayaan Ekaristi (TPE) yang dikeluarkan oleh Konferesnsi Waligereja Indonesia (KWI).

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, untuk mengamankan Misa Minggu di 3 gereja tersebut, Polres Wonogiri menurunkan sekitar 35 personel. Berasal dari pleton siaga gabungan, yakni personel dari Bagian, Satuan dan Seksi, serta satu regu Polwan.

Para personel tersebut bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di gereja dan lingkungan sekitarnya. Termasuk mengatur kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan depan gereja, agar kondisinya lancar, aman, tertib.

Kabag SDM Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mengatakan, pengamanan Misa ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang melaksanakan ibadah di gerejanya masing-masing.

Misa di 3 gereja tersebut berlangsung dengan lancar dan khidmat. Misa dipimpin oleh Romo Pastur dan Pendeta, dengan menyampaikan khotbah untuk mengajak umat Kristiani senantiasa bersyukur atas rahmat dan kasih Tuhan.
Bambang Pur