blank
Warga dan petugas bergotong royong membersihkan puing-puing rumah roboh di Desa Temon, Kecamatan Brati, Grobogan pada Jumat 15 Desember 2023. Foto: Dok Polsek Brat

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah rumah di Dusun Clebung Desa Temon, Brati, Grobogan robh diterjang angin kencang, Kamis malam (14/12/2023).

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan Masrikan, rumah yang roboh di Dusun Calebung RT 02, RW 06, Desa Temon tersebut, milik Harno (63). “Pada Kamis malam 14 Desember sekira pukul 21.00 WIB Desa Temon dilanda hujan disertai angin kencang dan menyebabkan satu rumah roboh,” jelasnya.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Brati AKP I Ketut Sudiartha, mengatakan saat angin kencang terjadi rumah milik Harno yang berada di bawah bambu tiba-tiba roboh.

“Saat kejadian rumah tersebut dalam kondisi kosong. Karena Harno sudah tidak menempati rumah tersebut tiga tahun terakhir ini,” jelas AKP I Ketut Sudiartha, Jumat 15 Desember 2023.

Karena tidak ditempati, lanjut Kapolsek Brati, kayu dan bambu bangunan rumah tidak terawat dan sebagian besarsudah lapuk. Bahkan bangunan rumah tersebut dicagak pakai bambu karena sudah doyong atau miring.

“Jadi kejadian korban sudah tidak ditempati, dan oleh pemilik rumah sudah dipergunakan sebagai kandang ternak kambing,” ujar Kapolsek Brati AKP I Ketut Sudiartha.

Kondisi rumah yang sudah miring dan dicagak (ditopang) beberapa bambu karena kayu dan bambu pada bangunan rumah tersebut sudah lapuk.mengakibatkan rumah roboh ketika diterjang angin kencang.

“Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp10 juta. Karena rumah dalam kondisi kosong, maka tidak ada korban jiwa dalam peristiwa rumah romoh tersebut,” tambah Kapolsek Brati.

Tya Wiedya