blank
SDN 5 Tubanan Satkordikcam Kembang untuk kegiatan bakti masyarakat dan bergotong royong bersama dalam membersihkan kawasan pantai Dukuh Mbayuran Desa Tubanan

JEPARA (SUARABARU.ID) -Masa jeda semester gasal 2023/2024 Kamis, 14 Desember 2023 digunakan SDN 5 Tubanan Satkordikcam Kembang untuk kegiatan bakti masyarakat dan bergotong royong bersama dalam membersihkan kawasan pantai Dukuh Bayuran Desa Tubanan.

Kegiatan yang diikuti oleh semua siswa mulai dari kelas 1 s/d 6 dan juga masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan kawasan wilayah pantai Mbayuran dan juga melatih pembiasaan pola hidup sehat terutama menjaga kebersihan lingkungan sejak dini kepada siswa.

Harapan Achmad Hartanto selaku ketua koordinator kegiatan ke depan kegiatan semacam ini akan terus dilakukan oleh SDN 5 Tubanan agar para siswa terbiasa untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas dan senantiasa peka terhadap kebersihan lingkungan sekitar kapanpun dan dimanapun berada.

blank
Foto bersama siswa SDN 5 Tubanan saat kegiatan bakti masyarakat dan bergotong royong bersama dalam membersihkan kawasan pantai Dukuh Bayuran Desa Tubanan

Dalam sambutannya  Joelickah, S.Pd selaku kepala sekolah juga mengatakan kegiatan ini merupakan wujud aksi nyata dalam mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila [P5] di SDN 5 Tubanan. Dimana para siswa diajak langsung untuk bersama masyarakat dalam membersihkan lingkungan pantai, sehingga hal ini akan mampu menjadikan pembiasaan diri bagi siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Selain itu  Joelickah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat dukuh Mbayuran RT.07/RW.05 Desa Tubanan yang telah secara aktif berpartisipasi untuk mensukseskan acara tersebut. Adapun bentuk apresiasi yang diberikan pada warga dusun Mbayuran tersebut adalah dengan diberikannya piagam penghargaan sebagai bukti partisipasi kegiatan bakti masyarakat dan juga adanya  spanduk ajakan bersama untuk selalu menjaga kebersihan  lingkungan masing-masing apalagi menjelang datangnya musim penghujan.

blank
Siswa antusias ikuti kegiatan

Nasuka, S.Pd selaku Koordinator Satkordikcam Kembang merasa bangga kepada SDN 5 Tubanan yang telah mampu mengimplementasikan dalam aksi nyata pelaksanaan P5 kurikulum merdeka dengan melakukan bakti masyarakat “reresik pantai” di dukuh Mbayuran. Harapan kedepan tumbuhnya rasa kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap SDN 5 Tubanan ini nantinya akan mampu memberikan nilai plus dan lebih mempercayakan putra putrinya untuk dapat disekolahkan di SDN 5 Tubanan.

“Guru yang kreatif, inovatif dan peka terhadap lingkungan kunci sukses dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu lembaga pendidikan, semoga hal ini pula dapat menjadi embrio dan semangat bagi sekolah – sekolah lain di Satkordikcam Kembang untuk kompetisi positif dalam memajukan lembaganya masing-masing,” tuturnya

Thukul Ketua RT.07/RW.05 sebagai wakil masyarakat dukuh Bayuran saat menerima penghargaan juga mengucapkan terima kasih sekali kepada ibu kepala sekolah, dewan guru dan anak-anak SDN 5 Tubanan dan pihak Satkor yang telah berkenan hadir dan membantu masyarakat untuk membersihkan lingkungan pesisir pantai Bayuran.

Semoga ini semua menjadi ladang amal baik bagi semua pihak dan khususnya akan mampu menjadikan SDN 5 Tubanan semakin maju dalam berkarya.

Setelah acara reresik pantai ini berakhir, dilanjutkan dengan makan bersama ikan bakar dan pindang serani khas Mbayuran yang sudah terkenal sebagai sentra ikan laut segar yang telah disediakan masyarakat.

Hadepe – Muhammad_Rwin