blank
Lulusan terbaik Lulusan Program Profesi Ners FIK Universitas Muhammadiyah Surakarta berfoto bersama pada upacara Sumpah Profesi Ners Angkatan XXVI Yang berlangsung, Kamis (14/12). Foto: Dok/UMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Upacara Sumpah Profesi Ners Angkatan XXVI.

Pengucapan sumpah profesi 97 Ners dipimpin Dekan FIK UMS Dr., Umi Budi Rahayu, S.ST.FT., M.Kes., didampingi Rohaniawan Islam Suwinarno, S.Ag., MPI serta berlangsung di Auditorium Moh. Djazman, Kampus I UMS. Kamis (14/12). Hadir dalam acara Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si. dan Winarno, S.Kep., Ns., dari  PPNI Jawa Tengah

Ketua Program Profesi Ners, Vinami Yullan, Ns., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan lulusan Ners Angkatan XXVI dinyatakan lulus 100 persen  dengan rata-rata Indeks Prestasi (IP) 3,83.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang menjadi mitra seperti Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa dan Institusi Kesehatan di Solo Raya.

“Sebanyak 97 Ners lulus dengan memuaskan dan disumpah hari ini, Hingga kini alumni Profesi Ners UMS tercatat sebanyak 1.513 orang,” ungkap Vinami.

Sementara itu Winarno, S.Kep., Ns., dari  PPNI Jawa Tengah mengucapkan selamat kepada ners yang baru disumpah. Ini menjadi suatu kehormatan baginya karena bisa berdiri di antara sivitas akademika UMS.

Ucapan selamat disampaikan kepada UMS yang berhasil mengembangkan Program Studi Keperawatan dan menjadi kebanggaan masyarakat. Hal ini tak lepas dari kematangan tenaga kependidikan yang dimiliki UMS dan sarana serta prasarana pendukung menjadi kunci keberhasilan.

Menjadi perawat berarti siap membantu dalam 24 jam penuh. Selain itu ketika melakukan tugas harus mengedepankan profesionalitas. Dua hal yang perlu dicatat adalah, pemberian pelayanan dengan standar yang tinggi dan tanggung jawab moral.

“Kesempatan kerja dalam dunia kesehatan terutama perawat, memiliki peluang yang cukup luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Kami mendorong untuk perawat juga dapat berkiprah pada dunia kesehatan Internasional,” tandasnya.

Masih dalam kesempatan sama Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur bahwa UMS telah menambah jumlah tenaga kesehatan di Indonesia.

“Saya selaku Rektor juga mengucapkan selamat atas prestasi akademik yang tentu ini menjadi kekuatan UMS dalam berkontribusi pada bidang kesehatan,” kata Prof Sofyan Anif.

Bagus Adji