blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kanan) menerima sekaligus dua buah piala penghargaan yang diterimakan langsung oleh Mendagri M Tito Karnavian.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Wonogiri Joko Sutopo, memborong sekaligus dua penghargaan dalam ajang Innovation Government Award (IGA) 2023. Ini berkat inovasi Rumanis Datang Si Kumis Hilang dan Simapres. Penghargaan diserahkan langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Bagian Prokopim Pemkab Wonogiri, mengabarkan, Rumanis Datang Si Kumis Hilang merupakan singkatan dari Rumah Layak Huni Aman Nyaman Indah dan Sehat Datang. Simapres (Sistem Seleksi Mahasiswa/Pemuda Berprestasi).

Upacara penyerahan dua piala penghargaan tersebut, berlangsung Selasa (12/12), bertempat di Kantor Kemendagri, Jakarta. Terdiri atas penghargaan untuk kategori Kabupaten Terinovatif dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan Indeks Inovasi Daerah Tertinggi Regional II (Regional Jawa).

Penghargaan ini merupakan keempat kalinya yang diterima Pemkab Wonogiri dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini. Yakni dari Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2023.

Ada dua inovasi nondigital dan digital dari Wonogiri, yang diikutsertakan dalam ajang IGA 2023. Yakni Rumanis Datang Si Kumis Hilang (Rumah Layak Huni Aman Nyaman Indah dan Sehat Datang, Kawasan Kumuh Miskin Hilang), dan Sistem Seleksi Mahasiswa/Pemuda Berprestasi (Simapres).

IGA bertujuan untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada Pemda yang berhasil dalam menerapkan inovasi dalam berbagai aspek pemerintahan.

Kedua penghargaan tersebut menjadi momentum bagi Pemerintah Kabupaten Wonogiri, untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, guna mewujudkan Wonogiri yang Maju, Mandiri, Sejahtera, dengan Semangat Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri.
Bambang Pur