blank
Turnamen Sepak Bola Anak Usia Dini Danramil 01 Cup I dibuka dengan tendangan simbolis oleh Danramil 01 dan Camat Semarang Barat serta salah satu pengurus Yayasan Terang Bangsa dan para Kepala Sekolah SD peserta turnamen di Lapangan Terang Bangsa Komplek Grand Marina, Semarang Barat, Kota Semarang, Senin (11/12/2023). Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Komandan Koramil 01 (Danramil) Semarang Barat Kodim 0733 Kota Semarang, menyiapkan 20 Golden Ticket untuk pemain-pemain berbakat dalam Turnamen Sepak Bola Anak Usia Dini Danramil 01 Cup I Tahun 2023, tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu disampaikan Danramil 01 Semarang Barat Mayor Inf Arief Rahman Hakim Wambrauw kepada suarabaru.id usai pembukaan Turnamen Sepak Bola Usia Dini Danramil 01 Cup I tingkat SD, di Lapangan Terang Bangsa, Komplek Grand Marina, Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Senin (11/12/2023).

“Jadi program Saya, yang berbakat-bakat di turnamen antar SD dan SMP ini, Saya sudah siapkan Golden Ticket, semacam penghargaan untuk pemain-pemain yang berbakat yang bagus-bagus nanti (bisa) bergabung bersama Akademi Sepak Bola Banteng Raiders Djatayu, yang sudah diakui oleh Askot (Asosiasi Sepakbola Kota Semarang), jadi sudah terdaftar resmi di PSSI,” jelasnya.

Akademi Sepak Bola Banteng Raiders Djatayu sendiri, memiliki fasilitas lapangan yang lengkap, dengan pelatih yang berlisensi PSSI Nasional dan tingkat Asia, ada juga fasilitas kolam renang, fitness center dan jogging track, sehingga nantinya bakat para pemain anak bisa disalurkan dan bisa diagendakan untuk mengikuti event liga Jateng dan Piala Suratin tingkat nasional.

“Yang memperoleh Golden Ticket itu bisa masuk Akademi Sepak Bola Banteng Raiders Djatayu bebas uang pendaftaran, diberikan Jersey. Jadi nanti tinggal latihan dan ikut (biaya) bulanan. Kalau yang normal kan bayar pendaftaran, bayar Jersey dan bayar bulanan. Golden Ticket kita siapkan 20, rinciannya 10 untuk pemain SD dan 10 untuk pemain SMP,” imbuh Mayor AHM, sapaan akrabnya.

Dikatakan juga Danramil 01 Semarang Barat, Turnamen Sepak Bola Anak Usia Dini Danramil 01 Cup I, yang diikuti oleh 24 tim sepak bola tingkat SD dan 8 tim tingkat SMP, yang berada di Kecamatan Semarang Barat itu, bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat sepak bola anak-anak dan menanamkan jiwa-jiwa sportifitas di kalangan anak-anak sekolah.

“Jadi mereka itu, harus siap menerima apapun hasil yang ada, baik menang atau kalah. Sehingga kedepannya, mereka nanti memiliki jiwa-jiwa yang memiliki semangat olahraga dan tidak anarkis. Jadi sportif itu perlu. Kemudian yang terakhir, melihat bakat dan tumbuh kembang mereka, sehingga kita akomodir kedepannya bisa masuk klub yang lebih berbobot, sehingga bisa muncul bintang-bintang baru untuk Indonesia,” urainya.

Bisa Jadi Embrio Pencarian Bakat

Mayor AHM berharap, turnamen sepak bola anak ini bisa menjadi embrio menggugah instansi atau lembaga lain, sehingga dapat lebih mendalam mencari bakat-bakat terpendam di Kota Semarang, khususnya di Kecamatan Semarang Barat.

“Besar harapan Saya, pembinaan usia muda ini harus terus digelorakan. Karena tanpa ada pembinaan, tanpa ada turnamen kita tidak akan pernah tahu bakat bagus yang terpendam. Dengan adanya seperti ini, dapat menggugah instansi lain, sehingga lebih mendalam mencari bakat-bakat terpendam. Semoga ini menjadi embrio mencari pemain berbakat yang baik,” harapnya.

Masing-masing Juara, baik tingkat SD dan SMP, nantinya akan menerima piala dan uang pembinaan sebesar Rp 1,5 juta untuk Juara 1 dan Rp 1 juta Juara 2 serta Rp 500 ribu untuk Juara 3 serta juara 4 uang pembinaan Rp 250 ribu dan trophy. Khusus Juara 1, 2 dan 3 seluruh tim akan menerima piagam kejuaraan.

“Kemudian pemain terbaik dan top score juga dapat uang pembinaan dan piagam. Untuk pemain terbaik dinilai oleh pelatih-pelatih yang berlisensi. Pemain terbaik dinilai hingga final nanti. Pemain yang konsisten berdaya guna untuk timnya dan dapat mengatur tim akan dinilai sebagai pemain terbaik,” ungkapnya.

Turnamen Sepak Bola Anak Usia Dini Danramil 01 Cup I, yang diselenggarakan selama 2 hari itu, hari pertama laga tim tingkat SD, dari babak penyisihan hingga 4 besar atau semi final, sedang finalnya dibarengkan dengan tingkat SMP, yang akan dibuka laganya di Lapangan Kelurahan Ngemplak Simongan pada Selasa (12/12/2023).

Absa