blank
Pada peringatan Harkodia Tahun 2023, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri) juga menyerahkan hadiah aneka lomba kepada pelajar yang memenanginya.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Hari Anti-korupsi Sedunia (Harkodia) Tahun 2023, Senin (11/12), diperingati di Gedung Gasibu, Kabupaten Pacitan, Jatim. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, tampil membacakan puisi karya WS Rendra berjudul ”Makna Sebuah Titipan.” Juga menyerahkan hadiah berbagai lomba kepada pelajar yang memenanginya.

”Sering kali aku berkata, ketika orang memuji milikku
bahwa sesungguhnya ini hanya titipan………” WS Rendra, memiliki nama aseli Willibrodus Surendra Broto, lahir di Solo pada Tanggal 7 November 1935. WS Rendra meninggal dunia Tanggal 6 Agustus 2009 (pada usia 73 tahun) di Depok, Jawa Barat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, peringatan Hakordia Tahun 2023 dilaksanakan dengan menggelar lomba cipta dan baca puisi antikorupsi dan kreasi video antikorupsi Tingkat SLTP dan SLTA.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kepedulian anak didik terhadap nilai-nilai karakter antikorupsi. Juga dalam upaya mengembangkan sikap kompetitif dalam diri anak didik, yang dikaitkan dengan wawasan antikorupsi. Harapannya akan tertanam kesadaran, bahwa mencegah korupsi merupakan sebuah kewajiban.

”Mari kita bersama memutus rantai korupsi, dan semoga ke depan tanpa kita memperingati Hakordia, kesadaran terhadap antikorupsi sudah ada di dalam benak kita semua,” tandas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pacitan berupaya melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, terdokumentasi melalui Monitoring Centre For Prevention (MCP) KPK. Bahkan per-Tanggal 3 Desember 2023, indeks capaian MCP Kabupaten Pacitan adalah 82, atau menduduki rangking Ke-8 di Jawa Timur dan rangking 62 tingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan penghargaan kepada 12 Desa Antikorupsi. Yakni Desa Sempu, Jeruk, Bungur, Tahunan, Sumberharjo, Sobo, Mendolo Lor, Sidomulyo, Cangkring, Gedompol serta Desa Sedayu. Tiga desa terakhir, bahkan telah mewakili Kabupaten Pacitan, dalam program Replikasi Desa Anti Korupsi Tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan hasil yang membanggakan. Desa Cangkring dan desa Sedayu masuk 3 (tiga) besar Tingkat Provinsi.

Diserahkan pula hasil kejuaraan lomba video pendek antikorupsi Tingkat SLTP dan SLTA, serta penghargaan kepada Duta AntiKorupsi Tahun 2023.
Bambang Pur