blank
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Semarang (LPPM USM) menggelar Workshop Drafting Patent USM 2023 secara luring/offline di Ruang Conference Gedung Menara Lantai 8 Universitas Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Semarang (LPPM USM) menggelar Workshop Drafting Patent USM 2023 secara luring/offline di Ruang Conference Gedung Menara Lantai 8 Universitas Semarang, baru-baru ini.

Ketua Panitia, Dr. Yuliyanto Budi Setiawan, S.Sos., M.Si mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pelatihan penyusunan paten 7 September 2023. Tujuan kegiatan untuk membangun Ekosistem Paten di Universitas Semarang, penelusuran dan tata cara pendaftaran Paten.

”Tujuan lain adalah meningkatkan paten-paten yang Granted di Universitas Semarang,” kata ketua Bidang Publikasi dan HKI, LPPM USM.

Kegiatan yang diikuti 31 dosen itu dihadiri Wakil Rektor 1 USM Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih, MP, Wakil Rektor 2 USM Dr. Titin Winarti, S.Kom., M.M, Ketua LPPM Prof. Dr. Ir. Mudjiastuti Handajani, M.T, Ketua BPM USM Dr Ardiani Ika Sulistyowati SE MM Akt CA CPA serta Dekan Fakultas di lingkungan USM.

Kegiatan menghadirkan narasumber Pemeriksa Paten Bidang Elektro, Nico E Soelistyono, ST., MIH, Pemeriksa Paten Bidang Kimia yaitu Yuristiana Yudianti, M.Hum dan IR Susilo Wardoyo.

Selain itu juga ada tiga pemeriksa Paten Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Yuliyanto mengatakan, sampai saat ini sudah ada 13 Paten USM yang telah Granted. Dia berharap, melalui workshop tersebut, paten-paten yang Granted di Universitas Semarang semakin meningkat.

”Selain itu, untuk membangun ekosistem paten di Universitas Semarang serta meningkatkan pengetahuan inventor terkait penelusuran dan tata cara pendaftaran paten,” ungkapnya.

Muhaimin