blank
Bupati Zaenal Arifin memberikan penghargaan kepada karyawan PDAM dengan masa kerja tertentu, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Bupati Magelang, Zaenal Arifin, berharap PDAM tumbuh bergerak maju lebih baik lagi. “Pasti hidup tidak mungkin stagnan. Harapannya tumbuhnya dengan baik dan subur,” katanya saat menghadiri HUT ke-43 Perumda Air Minum Tirta Gemilang, di gedung pusat Tirta Gemilang, Rabu (6 Desember 23).

Selebihnya ditekankan, pimpinan PDAM punya tanggung jawab yang luar biasa untuk menjaga kesuburan PDAM itu. Bagaimana bisa tumbuh secara seimbang dan bergerak ke depan lebih baik lagi sesuai harapan masyarakat. Karena air merupakan kebutuhan dasar, pelayanan kepada masyarakat harus sigap. Tidak boleh ada laporan, baru tiga bulan diselesaikan. “Laporan hari ini, hari ini juga diselesaikan,” pintanya.

Maka, mulai harus menata dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sekarang bisa menggunakan akses teknologi, melalui aplikasi. Maka harapan dia ke depan akan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang sama dia menambahkan, untuk
bisa tumbuh dengan baik perlu dipupuk. Perlu mempersiapkan agar tumbuh yang baik dan subur. Menurut Bupati, perlu nutrisi yang baik agar tumbuh sesuai yang diharapkan. Setelah tumbuh, kemudian bergerak maju.

Ibarat pohon, ada akar, daun, ranting, batang. Kalau salah satu instrumen tumbuhnya tidak baik akan mempengaruhi pertumbuhan. Maka harus tumbuh bersama. “Perlu gerak bersama untuk maju,” katanya.

blank
Bupati Zaenal Arifin menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Direktur PDAM, hari ini. Foto: eko

Diingatkan pula, tugas melayani kebutuhan air minum semakin meningkat. Negara di dunia bergerak cepat. Kalau tidak menyesuaikan perubahan akan tertinggal.

“Mari kita bergerak ke depan yang lebih baik, agar anak cucu mendapat warisan yang baik,” harapnya.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Gemilang, Agus Tri Suharyono, dalam kesempatan itu menandaskan, sesuai tema “Tumbuh Bergerak, Maju”, telah sepakat memberikan pelayanan untuk lebih baik lagi. Khususnya dalam pemenuhan air bersih.

Mewarnai ulang tahun kali ini, pihaknya memberikan santunan kepada panti asuhan, bantuan pendidikan, donor darah bekerja sama dengan PMI, juga melakukan konservasi penanaman 1.500 bibit pohon untuk menjaga keberlangsungan mata air. Terdiri bibit karet 500 batang, beringin 100 batang, kelengkeng 250 batang, apokat 500, kalpataru 150 batang.

Juga membuat sejumlah sumur resapan. Tahun ini melaksanakan hibah air bersih dari pemerintah pusat sebanyak seribu sambungan rumah. Harapan dia ke depan tetap bisa ikut program pusat.

Sementara itu harapan ke pemkab setempat bisa tetap mendukung kapasitas layanan air bersih di Kabupaten Magelang.

Eko Priyono