Mahasiswa baru Fakultas Psikologi USM mengikuti Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) pada 24-26 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) pada 24-26 November 2023.

Kegiatan berlangsung di Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang, kemudian dilanjutkan di River Walk, Boja, Kendal.

Kegiatan yang bersifat rutin itu diikuti seluruh mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Semarang tahun 2023.

Wakil Dekan Fakultas Psikologi USM, Dr Erwin Erlangga,S.Pd.,M.Pd mengatakan, pelatihan tersebut menjadi bentuk komitmen dari organisasi mahasiswa dengan didukung fakultas dalam melatih jiwa kepemimpinan serta kedisiplinan mahasiswa.

”Ini kegiatan wajib diikuti seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi,” katanya.

Dia mengatakan, selama kegiatan, peserta diwajibkan disiplin dalam mengikuti rangkaian kegiatan LKMM-TD, termasuk mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh panitia. Sebab, selama kegiatan peserta dinilai keaktifannya dalam menyelesaikan tugas.

”Kegiatan yang dilakukan antara lain menginformasikan tentang muatan visi-misi USM dilanjutkan tingkat kefakultasan, kepemimpinan, norma dan etika, serta pembentukan karakter. Sebab di USM terdapat core value yang diterapkan, yaitu Harmoni, Akuntabilitas, transparansi, dan Intergritas (HATI),” ungkapnya.

Dia berharap, setelah selesai kegiatan, karakter dengan core value HATI sudah diterapkan mahasiswa baru dimana mereka menjadi agen perubahan tidak hanya di kampus, tetapi juga di lingkungan keluarga dan tempat tinggal.

Muhaimin