Camat Semarang Barat Elly Asmara didampingi Ketua STBM Famega Dian Elly Asmara, Danramil 01 Mayor Inf Arief Rahman Hakim W dan Kapolsek Semarang Barat berjogee bersama sahabat difabel dalam Semarak Semarang Barat, di ruas Jalan Banjir Kanal Barat, Bojongsalaman, Semarang Barat, Sabtu (02/12/2023). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Semarak Semarang Barat, yang digelar di sepanjang ruas jalan Banjir Kanal Barat (BKB) Jalan Bojongsalaman Kecamatan Semarang Barat, didukung suasana alam yang bersahabat sejak pagi hingga siang menjelang sore hari, Sabtu (2/12/2023).

Menurut Camat Semarang Barat Elly Asmara, Semarak Semarang Barat merupakan rangkaian program kegiatan yang disatukan menjadi satu kesatuan yang saling terkait dan mendukung, yang berkolaborasi melibatkan semua elemen masyarakat, dengan tujuan untuk menghibur dan melayani masyarakat.

“Kita membuat multi kegiatan yang pasti untuk menjadi hiburan rakyat, meningkatkan partisipasi masyarakat dan peningkatan ekonomi mengikuti, lalu prinsip kolaboratif mengajak berbagi elemen masyarakat,” jelasnya di sela-sela kegiatan.

Kegiatan ini, lanjut Camat Elly, dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum. Yang dimulai dengan senam ratusan Lansia, lomba-lomba mewarnai, fashion show dan tari untuk anak-anak, pelayanan akhir pekan, yang dihadiri oleh berbagai unsur, ada Danramil 01, Kapolsek, LPMK dan Lurah se Kecamatan Semarang Barat, akademik dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dan beberapa komunitas Sahabat Difabel serta UMKM di sepanjang ruas jalan yang gunakan.

“Kita bagi kartu keanggotaan Lansia sebanyak 350-an, cuma yang hadir tadi sekitar 150 Lansia ikut senam. Kemudian dilanjut di bidang kesehatan dan perempuan dan anak. Ada deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

dan deklarasi anti kekerasan terhadap perempuan dan anak tadi,” paparnya.

Dikatakan pula oleh Camat Semarang Barat, jika antusiasme masyarakat cukup tinggi, terbukti banyak masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Sebab saat pendaftaran sudah ditutup, masih saja ada yang ingin daftar untuk ikut

“Kemudian kita menata PKL untuk kulineran, karena di sini kan daerah PKL UMKM. Kita tata, kita latih mereka untuk bertanggungjawab dan kita uji coba terus untuk sebuah penataan yang kedepannya bisa kita agendakan secara rutin, minimal satu bulan sekali untuk berkegiatan di sini (ruas jalan BKB Bojongsalaman),” kata Elly Asmara.

“Kemudian dilanjut malam nanti ada Semarang Barat Bersholawat. Ini akhir tahun, kita tutup dengan berdo’a, sholawatan bersama, ada Hadroh dari Jati Sumo Negoro. Nanti akan hadir pula para Kyai para Habib di Kota Semarang, yang ikut Mangayubagyo di Semarang Barat Bersholawat,” imbuhnya.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan dapat menunjukkan eksistensi institusi Kecamatan Semarang Barat yang hadir untuk bisa bermanfaat dalam melayani masyarakat, seperti tajuk yang disematkan, yaitu Samarang Barat Semangat.

“Harapannya pasti, di sini kita perlihatkan eksistensi kecamatan, bahwa kehadiran kita bisa bermanfaat untuk masyarakat dan semoga tim kita di internal (kecamatan) semakin solid untuk menghadapi dinamika tantangan-tantangan di masa depan dalam melayani masyarakat. Seperti tajuk besar kami, Semarang Barat Semangat,” tegasnya dengan mengepalkan tangan.

Absa