Sekda Kendal, Forkopimda dan jajaran KPU Kendal foto bersama. Foto: Spw

KENDAL (SUARABARU.ID)- Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kendal, menggelar acara “Sholawat Pemilu Tahun 2024” bersama Gus Azmi dalam rangka sosialisasi dan doa bersama di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Jumat (01/12/2023) malam.

Hadir pada acara ini, Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kendal, Sugiono, Ketua KPU Kabupaten Kendal, Kasanudin dan anggota beserta jajarannya, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait, Forkopimda, perwakilan Bawaslu Kendal, para Ketua Partai Politik se-Kabupaten Kendal, para Ketua Ormas, sejumlah alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Ketua PPK, dan PPS se-Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kendal Kasanudin mengatakan, pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) di wilayahnya masing-masing, yang mana sesuai dengan daftar pemilih tetap(DPT) yang sudah ditentukan oleh KPU Kendal.

“Sebelumnya kalian pastikan dulu, apakah sudah terdaftar di DPT sebagai pemilih tahun 2024. Kalau usianya sudah cukup tetapi belum terdaftar, maka masyarakat bisa melakukan konfirmasi ke PPK, PPS atau ke KPU setempat, agar bisa memberikan hak suaranya untuk memilih pemimpin pada Pemilu tahun 2024,” kata Kasanudin.

Kasanudin menyampaikan, pada bilik suara ada lima surat suara yang harus dipilih  dan dicoblos, yaitu surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Kemudian, setelah dicoblos, masyarakat harus mencelupkan salah satu jarinya ke cairan tinta yang disiapkan oleh panitia, sebagai tanda sudah memberikan hak suaranya,” ujar Kasanudin.

Kasanudin berpesan kepada para tamu undangan untuk memberitahukan dan mengajak warga yang lain pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang untuk bersama-sama datang ke TPS masing-masing.

Sekda Kendal, Ir. Sugiono mengatakan, kegiatan bersholawat ini dilakukan sebagai wujud kecintaan kepada Rasulullah SAW sebagai salah satu upaya menjaga keseimbangan lahir dan batin, agar semua semakin menyadari, bahwa manusia yang diberi kekuatan untuk berusaha, sedangkan hasil akhir, Allah SWT yang menentukan.

“Sholawat ini digelar juga bertujuan untuk mengetuk langit dan memohon kepada Allah SAW agar kita bekerja dalam lindunganNya, dan dijauhkan dari marabahaya,” kata Sugiono.

Sugiono berharap dengan bersholawat ini, masyarakat Kendal diberikan keamanan, ketentraman, kemudahan menjalankan ibadah, dalam lindungan Allah SAW.

Sugiono juga mengingatkan kepada masyarakat Kendal, menjelang Pemilu serentak 2024 ini, jangan sampai masyarakat terpecah-belah karena perbedaan pilihan.

Harus bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, yaitu dengan berpartisipasi aktif menyalurkan hak pilihnya dengan baik, saling menghargai pilihan dan tidak saling menghina.

“Selain itu, menjaga persaudaraan dan keamanan serta kondusivitas di masyarakat. Jangan mudah terprovokasi berita-berita palsu atau kampanye hitam. Selanjutnya sebagai warga negara yang baik, dukung siapapun yang terpilih menjadi Presiden dan wakil-wakil rakyat nanti.

Kita berharap Pemilu besok dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta tercipta suasana yang kondusif di daerah kita tercinta ini,” ujar Sugiono.

Sugiono menyampaikan, sukses dan tidaknya Pemilu ini tidak tergantung kepada KPU saja, akan tetapi merupakan tanggungjawab bersama, seluruh elemen dan seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Kendal.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kendal untuk menjaga keharmonisan, kerukunan dan keamanan, serta tidak mudah terprovokasi terhadap fanatisme yang dapat menimbulkan perpecahan di Kabupaten Kendal yang kita cintai,” ungkap Sugiono.

Sugiono juga mengajak masyarakat Kendal untuk meningkatkan semangat kebersamaan, persatuan dan menjadi langkah awal untuk menyukseskan Pemilu yang damai, berintegritas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kendal.

“Kami yakin, ke depan setelah berakhirnya Pemilu 2024 nanti, dengan sinergitas yang kita bangun ini, Kabupaten Kendal akan damai, aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sapawi