blank
PMI Blora media gathering dengan PWI  sekaligus sosialisasi kepalangmerahan, di RM Sanjaya Blora. Kamis, 30 November 2023.  Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora mengadakan media gathering dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora sebagai wujud kemitraan sekaligus sosialisasi kepalangmerahan PMI Blora tahun ini, kegiatan dilaksanakan di RM Sanjaya Blora, Kamis, (30/11/2023).

Ketua PMI Kabupaten Blora Ir. H. Sutikno Selamet menyampaikan tentang penyelenggaraan bulan dana PMI. Ia juga menyampaikan beberapa peran PMI diantaranya bidang pelayanan sosial yang bisa dilakukan pada setiap kegiatan pemerintah atau swasta.

“PMI juga memberikan bantuan sosial kursi roda hingga pelayanan kesehatan. Termasuk posko lebaran, hari natal dan tahun baru,” jelas H. Sutikno Selamet.

“Kami di bidang kerjasama dan kemitraan bekerjasama dengan pihak ketiga terkait dengan kegiatan kemanusiaan, pelaksanaan bulan dana PMI. Di bidang komunikasi dan informasi terdapat juga peringatan hari besar PMI dan media gathering,” ungkap H. Sutikno Selamet kepada wartawan.

PMI memiliki, lanjut H. Sutikno Selamet, peran penting dalam tugas kemanusiaan yaitu memberikan bantuan kemanusiaan selama bencana alam atau konflik.

“PMI mendukung kegiatan kesehatan dan sosial dan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan secara umum,” ucap H. Sutikno Selamet.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora, Heri Purnomo mengatakan bahwa PWI masih terus mensosialisasi tentang Undang-undang Pers dan mengadakan kemitraan dengan lembaga dan instansi.

“Ini bagian tugas kami sebagai organisasi Pers untuk mensosialisasikan tentang Undang-undang Pers. Karena di era digitalisasi banyak sekali orang atau masyarakat menggunakan media sosial yang terkadang malah informasinya menyesatkan (hoaks),” kata Heri Purnomo.

Pada kesempatan itu,  Sekretaris PMI Blora, Kuswanto menyampaikan bahwa PMI bergerak dengan mengedepankan sisi kemanusiaan. Tugas dari PMI, menurutnya selain dari pada memberikan bantuan kepada korban bencana kerusuhan dan gangguan keamanan lainnya, juga memberikan pelayanan darah.

“Tugas kami juga melakukan pembinaan relawan hingga melaksanakan pendidikan dan pelatihan terkait kepalangmerahan. Menyebarkan informasi terkait kepalangmerahan, membantu memberikan Yankessos hingga melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya,” tandas Kuswanto.

Kudnadi Saputro