blank
Berkaitan dengan upacara yang digelar di Waduk Gajahmungkur, Bupati Joko Sutopo didampingi Sekda Haryono (kedua dan kesatu dari kiri), menyerahkan bantuan dan hadiah berbagai perlombaan, termasuk hadiah sepeda motor kepada peserta gerak jalan sehat massal.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara besar yang ditandai pengibaran bendera Merah Putih, Rabu (29/11) digelar di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Ini untuk menandai puncak peringatan HUT Ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), yang disatukan dengan HUT Ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN).

Lokasi upacara, menggunakan lapangan yang terletak di bibir barat perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Yakni tempat yang selama ini digunakan untuk landing atau drop zone para atlet olahraga dirgantara Cabang Gantole dan Paralayang.

Bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup), Camat Jatipurno, Mawan Tri Hananto, dengan Inspektur upacara Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Upacara diikuti oleh sekitar 13.000 peserta, terdiri atas jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) yang berseragam Korpri dan para Guru yang mengenakan busana batik PGRI.

Tema peringatan HUT Korpri Tahun 2023 di Kabupaten Wonogiri adalah “Korpri nyawiji mewujudkan satu digit angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri.” Dalam sambutannya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengucapkan selamat HUT Korpri yang Ke-52, HUT PGRI yang Ke-78, dan Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Pesan Penting

Ikut hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto bersama jajaran Forkompimda. Juga hadir Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Sekretaris Daerah (Sekda) Haryono bersama para pimpinan dinas instansi dan para pengurus PGRI maupun pengurus Korpri.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan beberapa pesan penting, diantaranya minta untuk memantapkan fungsi organisasi Korpri dan PGRI, sebagai perekat persatuan bangsa. ”Tingkatkan semangat profesionalisme di bidang tugas masing-masing, tingkatkan kualitas dalam bekerja di era teknologi informasi,” pesannya. Juga diserukan, untuk melakukan konsulidasi dan menguatkan soliditas organisasi, dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai.

Bersamaan itu, Bupati berkenan menyerahkan dan menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden untuk sejumlah ASN sesuai dengan masa pengabdiannya yang dilakukan tanpa cela. Berikut diserahkan pula sejumlah bantuan dan hadiah kepada para pemenang perlombaan, serta hadiah utama sepeda motor untuk peserta gerak jalan sehat massal.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, guna mendukung pengamanan dan memastikan kelancaran upacara besar tersebut, Polres Wonogiri menerjunkan 30 personel. Mereka mengemban tugas untuk mengamankan lokasi, selama upacara berlangsung.
Bambang Pur