blank

Prodi Kebidanan Unissula menggelar penyuluhan kesehatan pada kelas ibu hamil. Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan tekanan darah oleh petugas Puskesmas Bangetayu, Semarang.

Penyuluhan kali ini mengangkat tema gizi seimbang dan ASI eksklusif.  Tujuannya mencegah masalah kesehatan anak di kemudian hari. Kegiatan yang dihadiri oleh sepuluh  ibu hamil ini bertempat di kantor Kelurahan Sembungharjo Kecamatan Genuk, pada hari Jum’at, (10/11/2023).

“Dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, diharapkan ibu hamil lebih paham dan sadar untuk merubah perilaku hidup bersih dan sehat. Juga mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dalam menu keluarga, serta memberikan ASI secara eksklusif ketika bayi telah lahir,” ungkap Hanifatur Rosyidah, dosen Kebidanan Unissula yang sekaligus pemateri.

Tujuh mahasiswa Kebidanan Unissula turut terlibat dalam kegiatan ini dengan saling berbagi peran. Dian Salsabila dan Ghina Rihadatul Aisy bertugas dalam administrasi dan mengelola pretest dan posttest sebagai bahan evaluasi. Sovia Elviana Bintia dan Salsabila Lintang Pranandia berperan sebagai fasilitator ice breaking dan menyampaikan materi  gizi seimbang.  Saulla Roro Kinasih dan Khunaifa Azkiyati berperan menyiapkan perlengkapan penyuluhan, sedangkan pengambilan foto dan video dokumentasi dilakukan oleh Rizki Amalya Syajidah.

Hanifatur mengungkapkan “Penyuluhan kali ini berbeda dengan biasanya, karena kami menyampaikan pesan-pesan edukasi kesehatan dengan teknik KAP atau Komunikasi Antar Pribadi, yang diawali dengan membangun keakraban dengan peserta, dilanjutkan dengan bermain-belajar, dan diakhiri dengan mengunci komitmen untuk merubah perilaku sesuai yang diharapkan”, pungkasnya.