Ketua Bawaslu Wonogiri Antonius Joko Wuryanto dan Wakil Bupati Setyo Sukarno (kedua dan ketiga dari kiri) bersama Ketua KPU Satya Graha, Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo dan Kasdim Mayor Imam Maulana Sirod (ketiga, kedua dan kesatu dari kanan) melakukan pelepasan balon ke udara.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri Pimpinan Antonius Joko Wuryanto, Senin (27/11), menggelar apel siaga pengawasan tahapan Pemilu 2024. Apel digelar di halaman Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala, Kabupaten Wonogiri, ditandai pelepasan balon ke udara.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres Kompol Andi Mohammad Akbar Mekuo, Wakil Bupati, Setyo Sukarno, Kasdim 0728, Mayor Imam Maulana Sirod, Sekda Wonogiri, Haryono, Ketua KPU Wonogiri, Satya Ghara. Juga hadir para Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu Wonogiri bersama para Ketua dan Anggota Panwascam se Kabupaten Wonogiri, para Pengawas tingkat Kelurahan Desa (PKD), serta Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Apel pengawasan, ditandai dengan pengucapan ikrar oleh semua personel pengawas. Juga ditandai dengan pelepasan puluhan balon ke udara. Ini sebagai tanda kesiapan pengawasan dalam kampanye tahapan Pemilu 2024

Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu Wonogiri Antonius Joko Wuryanto, menyatakan, apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Pengawas Pemilu. ”Sehingga rangkaian kegiatan tahapan Pemilu Tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tegasnya.

Kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Wonogiri, diharapkan lebih aktif lagi dalam melakukan kegiatan pengawasan, khususnya terhadap pelaksanaan kampanye yang akan dimulai Selasa besok (28/11).

Pemantik

Saya berpesan, tandas Antonius Joko Wuryanto, ikrar yang sudah di ucapkan tadi, hendaknya dijadikan sebagai pemantik jiwa dalam bekerja. ”Jadikan sebagai pedoman tugas, bangun komunikasi yang baik dengan stakeholder,” pesannya.

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, berpesan, agar kepercayaan yang telah diemban oleh para insan pengawas, hendaknya dijawab dengan dedikasi terbaik. ”Sehingga menjadikan penyelenggaraan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang terpercaya, damai, berkualitas dan berlegitimasi,” tandasnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, untuk mendukung sukses gelaran apel pengawasan, Polres menurunkan sebanyak 70 personel untuk pengamanan.

Ini merupakan bagian dari komitmen Kepolisian, dalam mendukung proses demokrasi di Tanah Air. Polri, bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, selama proses tahapan Pemilu 2024 berlangsung.

Terkait hal tersebut, jajaran kepolisian berupaya untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu, dengan mengedepankan sikap kompak dan solid. Sebab, pelanggaran dapat berdampak pada terganggunya kondusifitas.
Bambang Pur