blank
START - Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, SH SIK mengibarkan bendera start. (Foto: Istimewa)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 518 Trabaser mengikuti Trabas Polres Tegal Kamtibmas dengan melalui rute sejauh 40 Kilometer melintasi wilayah Kabupaten Tegal, Minggu (26/11/2023).

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, SH SIK mengatakan, rute tersebut diawali pada garis Start dan Finish berada di lapangan Karangcengis Desa Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal lalu melintasi wilayah Kecamatan Pangkah, Kedungbanteng dan Jatinegara.

Trabaser berasal dari berbagai wilayah di pulau Jawa. Sebanyak 14 Klub Lokal dari Kabupaten Tegal turut berlaga seperti Tratas, Strac, KTP, Promaag Mx, Jtb, Tlc, Cat’s, D’trac, TWD, TAP, Jtriad, Kombat, Kaligayam Trail (GTX) dan Gebrot (Gerombol Off Road Tamansari). Tiga Klub Asal Brebes Soac, Satria Bantar Kawung dan Nalaktak SM Batara juga ikut memeriahkan Trabas Kamtibmas. Selain itu terdapat peserta dari luar daerah seperti Jawa Barat dan peserta perorangan yang antusias mengikuti kegiatan trabas ini

Disiapkan berbagai doorprise menarik seperti kulkas, mesin cuci, atribut Trabas berupa ban luar, safety fest, sepatu motorcross, helm trail, ransel punggung, deker pelindung kaki, rantai sepeda motor, sarung tangan, kaca mata trail, dan hadiah utama berupa 1 unit Sepeda Motor Yamaha Gelar yang akan diundi untuk para peserta trabas.

Dalam sambutannya, Kapolres Tegal menyampaikan kegiatan Trabas Kamtibmas dalam Rangka Cooling System digelar sebagai wadah dari penghobi Trabas Jelajah alam menggunakan motor Trail. “Selain itu untuk menjalin kedekatan antara Polri dan Masyarakat,” pungkasnya

Polres Tegal juga turut mengundang Forkopimda plus seperti Danbrigif IV/ Dewa Ratna, Bupati Tegal, Dandim 0712/ Tegal, Danlanal Tegal, Dansatradar 214 Tegal, Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, Ketua Pengadilan Negeri Slawi dan Ketua DPRD Kabupaten Tegal serta Forkompincam Pangkah, Tokoh-tokoh masyarakat yang ada di di Kabupaten Tegal.

Kombes pol Agoes Soejadi Soepraptono, SIK Kabagmutjab Robinkar Ssdm Polri turut memeriahkan kegiatan Trabas Kamtibmas Polres Tegal bersama Kapolda Jateng yang merupakan salah satu Anggota Polri Penghobi Trabas Jelajah Alam, memberikan apresiasi kepada Kapolres Tegal beserta jajaran yang telah mengadakan Trabas Kamtibmas tersebut.

Selain itu, tersedia tenda Bakti Sosial dengan sasaran masyarakat yang membutuhkan dari warga Desa Penusupan berupa pemberian paket sembako berupa beras, minyak, gula, dan biskuit.

Kapolres Tegal juga menggelar Bhakti Kesehatan dengan sasaran 100 orang warga dari Desa Penusupan berupa pelayanan kesehatan umum disertai cek Gula Darah Sewaktu, Asam urat dan cholesterol serta ada juga pemeriksaan gigi dan pemberian obat gratis. Dari pelayanan kesehatan kali ini ditemukan beberapa diagnosa antara lain Hipertensi, Diabetes Melitus, Gastritis, Myalgia, Headache dan Faringitis akut, sehingga masyarakat dapat melakukan penanganan medis lebih akurat dari hasil pemeriksaan kesehatan yang didapat.

Sutrisno