blank
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., bersama Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Iwan Wisnu Anggono, S.S., M.Si. sedang menyampaikan pembekalan kepada delegasi  mahasiswa setempat yang mengikuti PIMNAS ke-36 tahun 2023 yang berlangsung  di Universitas Padjadjaran Bandung. Foto: dok/UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengirim 17 tim mahasiswa mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023 yang berlangsung  di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Pengiriman delegasi terdiri 77 mahasiswa, 13 dosen pembimbing dan 11 orang tim sukses Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  UNS dilepas Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Jumat (24/11/2023) serta ditargetkan membawa pulang dua medali emas.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., dalam pesan kepada delegasi yang dikirim ke PIMNAS ke-36 tahun 2023 mengatakan untuk selalu menjaga kesehatan selama berlangsungnya kompetisi.

Juga mengingatkan untuk memperdalam substansi materi yang akan mereka presentasikan. Pesan khusus untuk para dosen pembimbing agar memberikan seluruh ilmu yang mereka miliki.

“Perdalam substansi yang akan dipresentasikan tetapi jangan sampai melelahkan tubuh atau kesehatan kalian. Kepada seluruh (dosen) pembimbing, berikan semua ilmunya kepada tim yang kita bimbing. Mudah-mudahan keberhasilan bisa kita raih kembali,” kata Prof. Yunus.

Masih dalam kesempatan sama Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. menyampaikan, mulai tahun depan perguruan tinggi setempat akan memberikan insentif kepada dosen pembimbing tim PKM yang mampu lolos Pimnas dan berhasil memperoleh medali.

Komitmen yang disampaikan diharapkan dapat semakin meningkatkan kontribusi dosen dalam PKM berikutnya.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Iwan Wisnu Anggono, S.S., M.Si. mengatakan, UNS mulanya melakukan seleksi internal pada 1.339 proposal PKM tahun 2023.

Proposal tersebut kemudian disaring menjadi 600-an proposal yang mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Dari sejumlah proposal tersebut, terdapat 101 tim yang berhasil memperoleh pendanaan.

Mereka kemudian memasuki tahapan evaluasi proposal PKM dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) hingga saat ini terpilih 17 tim untuk mengikuti Pimnas.

Sebanyak 101 tim telah mendapat pendanaan penelitian. Sedangkan yang lolos mengikuti Pimnas 17 tim. Ini prestasi yang luar biasa untuk tahun ini. Kita sampai tidak menyangka karena target awal 10 tim.

“Untuk mengembalikan pencapaian dua tahun lalu, kali ini kita targetkan dua medali emas dulu,”ujarnya.

Bagus Adji