Peringatan HDI 2023 digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri, ditandai dengan launching website Sie Tekad.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Wonogiri Joko Sutopo, berharap, agar para penyandang disabilitas bisa mendapatkan kemudahan akses ketenagakerjaan, pelayanan dan hak yang sama tanpa diskriminasi.

Harapan orang nomor satu di Kabupaten Wonogiri ini, Sabtu (25/11) disampaikan bersamaan launching (peluncuran) website Sie Tekad (Sistem Informasi Tenaga Kerja Disabilitas). Acara ini disatukan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 dan digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Plt Sekjen Kemensos RI, Robben Rico, Direktur Bina Penempatan Pekerjaan Dalam Negri, Siti Kustianti, Wakil Bupati Setyo Sukarno, Ketua dan Anggota DPRD Wonogiri, Sriyono dan Gimanto. Juga hadir Kapolres yang diwakili Kabag Log Kompol Teguh Sujadi bersama jajaran Forkompinda serta para pimpinan dinas instansi.

Peringatan HDI Tahun 2023 di Pendapa Kabupaten Wonogiri ini, juga dimeriahkan pameran aneka ragam produk yang merupakan hasil karya tangan-tangan kreatif para kaum difabel Kabupaten Wonogiri.

Bupati minta, peluncuran Website Sie Tekad hendaknya ditindaklanjuti dengan sosialisasi, agar para disabilitas mengetahuinya. Sehingga, tandas Bupati, mereka dapat memanfaatkan website ini untuk mendapatkan akses pekerjaan.

Akses

Harapan sama, juga disampaikan oleh Kabag Log Polres Wonogiri Kompol Teguh Sujadi. Dengan peluncuran website Sie Tekad ini, teman-teman disabilitas bisa mendapatkan akses informasi ketenagakerjaan. Yang dampaknya mampu memberikan peningkatan taraf penghidupan.

Juga mendapatkan prioritas akses pekerjaan yang layak. Baik pekerjaan di jajaran pemerintahan, maupun akses pekerjaan di sektor swasta yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Bersamaan acara tersebut, juga dilakukan penerimaan bantuan kepada disabilitas, yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan berupa 1 buah kendaraan roda 3 Viar, dan Alat Bantu.

Panitia peringatan HDI 2023, Yudhi, menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan disabilitas dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Wonogiri. Yakni dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.
Bambang Pur