Penutupan Uji Kompetensi Wartawan ke -39 PWI Jawa Tengah. Foto: Dok/PWI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 18 wartawan dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-39 yang diselenggarakan PWI Jateng bersama SKK Migas dan KKKS Jabanusa di Hotel Khas Semarang, Kamis-Jumat (23-24) November 2023.

Pengumuman kelulusan UKW disampaikan Ketua Badan Khusus UKW PWI Jateng yang juga salah satu penguji, Widiyartono Radyan, dalam acara penutupan UKW, Jumat 24 November 2023.

Menurutnya, dari 21 peserta yang mengikuti UKW selama dua hari, ada 18 wartawan yang dinyatakan kompeten, sedangkan tiga lainnya belum kompeten.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS mengucapkan selamat kepada 18 peserta yang dinyatakan kompeten. Tak lupa dia menyuntikkan motivasi sekaligus membesarkan hati peserta yang belum kompeten.

”Bagi yang belum kompeten, UKW bisa dimaknai ‘urung kiamate wartawan’. Belum kompeten bukan berarti akhir atau kiamat. Jangan menyerah. Masih ada enam bulan dari sekarang untuk mengikutinya lagi. Kami berterima kasih pada SKK Migas dan KKKS yang telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung lagi UKW tahun depan,’’ kata Amir, Jumat (24/11/2023).

Amir juga mengapresiasi atas kontribusi penguji, M Noeh Hatumena dan Widiyartono yang bisa dikatakan membuka peta jalan kita untuk memberikan satu titik pengalaman, pemahaman, dan keyakinan tentang profesionalitas yang terus-menerus kita rintis.