Jalan sehat Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Blora, sepanjang 3 kilometer mengitari jalan dalam kota, dengan hadiah utama seekor sapi,  Minggu, 19 November 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Semangat warga Blora mengikuti acara jalan sehat dipicu karena ingin mendapatkan hadiah utama berupa seekor sapi yang disediakan oleh panitia, ribuan warga Blora Jawa Tengah tumplek bleg (beramai-ramai, berduyun duyun) ke alun alun kota Blora, untuk mengikuti jalan sehat bersama dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Untuk memeriahkan HKN tingkat Kabupaten Blora, pada  Minggu, 19 November 2023, mereka tidak hanya ikut sendiri, tetapi banyak diantara para peserta yang sengaja mengajak anggota keluarganya, sembari CFD sekaligus liburan weekend di kota Blora.

Warga Kelurahan Jetis Kecamatan Blora, Winarsih mengaku sengaja datang pagi hari hanya untuk ikut jalan sehat bersama suami, anak dan cucunya. Winarsih berharap bisa mendapat hadiah utama yakni satu ekor sapi.

“Iya mas, ini tadi bangun pagi untuk ikut jalan sehat. Mudah-mudahan dapat sapi,” ungkap Winarsih, kepada media ini.

Senada Winarsih, Wahyudi  warga Jepangrejo juga berharap serupa, kepingin bawa pulang hadiah seekor sapi.

“Pengennya dapat sapi mas. Tapi kalau dapat  kambing juga gak apa-apa,” ujar Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., MH., menjelaskan rute jalan sehat sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Dimulai start dari Alun-alun Blora menuju jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, Jalan dr Sutomo dan kembali ke Alun-alun Blora.

“Untuk kupon nanti di depan Kantor Dinas Kesehatan, nanti kita bagikan disana dan akan kami undi di Alun-alun sini,” kata Edi Widayat.

Kegiatan jalan sehat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M., dengan  pemotongan tumpeng dan pelepasan balon. Beragam kegiatan juga digelar mulai cek kesehatan, bazar murah, donor darah dan pemeriksaan gigi bagi anak-anak.

Untuk diketahui, dalam kegiatan jalan sehat bersama ini, panitia memang menyediakan berbagai hadiah menarik. Selain satu ekor sapi sebagai hadiah utama, panitia juga menyediakan hadiah berupa satu ekor kambing, sepeda gunung, Kulkas dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Kudnadi Saputro