blank
Lestari Moerdijat (kiri), saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Semarang, Sabtu (18/11/2023). Foto: lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perbaikan kualitas demokrasi harus konsisten dilakukan, demi terwujudnya proses pembangunan yang berkeadilan, dan menghasilkan kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

”Kegaduhan yang terjadi menjelang kontestasi pada tahun politik mendatang, harus disikapi dengan bijaksana, melalui pelaksanaan kehidupan berbangsa yang lebih demokratis dan berkeadilan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Hal itu dia sampaikan di depan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Tengah, Garda Pemuda Nasdem, serta beberapa komunitas pemuda, saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Semarang, Sabtu (18/11/2023),

BACA JUGA: Jadi Supermarket Sepi, Gedung PCNU Dikembalikan Sesuai Fungsinya

Menurut Lestari, semua pihak termasuk para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah, harus benar-benar mengedepankan upaya, agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan sejuk dan damai. Sehingga bisa melahirkan pemimpin yang mampu menjawab tantangan bangsa saat ini dan di masa datang.

Diakui Rerie, sapaan akrab Lestari, Pemilu 2024 akan menjadi yang terbesar dalam sejarah Indonesia, karena diperkirakan 200 juta orang lebih akan ikut dalam pesta demokrasi ini.

”Peran masyarakat dan partai politik juga sangat penting, dalam mewujudkan proses kontestasi yang berlangsung jujur dan adil,” imbuh dia.

BACA JUGA: SIG Raih Peringkat Emas pada Ajang SNI Award 2023

Pada situasi itu, jelas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, setiap anak bangsa harus mampu mengamalkan nilai-nilai kebangsaan, yang terkandung dalam empat konsensus bangsa, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang merupakan warisan pendiri negeri.

Mengedepankan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan, ujar Rerie yang juga anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, adalah salah satu nilai kebangsaan yang penting dan harus dipahami, serta diterapkan di masa kontestasi antarsesama anak bangsa, dalam upaya mendapatkan mandat rakyat Indonesia.

Rerie sangat berharap, semua pihak dan setiap anak bangsa, secara bersama-sama bisa mewujudkan proses pembangunan, termasuk di bidang politik dengan lebih baik, demi melahirkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menikmati keadilan dan kesejahteraan yang merata bagi semua.

Riyan