blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Program Magister Manajemen Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pemasaran Digital bagi Pelaku UKM di Balai Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Program Magister Manajemen Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pemasaran Digital bagi Pelaku UKM di Balai Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan yang didanai Universitas Semarang itu diikuti 27 pelaku UKM.

Tim terdiri diri atas Ketua Dr.Drs.Djoko Santoso, anggota Dr.Wyati SaddewisasimSE,MSi dan Dr. Andhy Tri Adriyanto, SE, MM.

Kegiatan dibuka Sekretaris Lurah Pedurungan Kidul, Susetyo Budi,SSTP.

Menurut Djoko, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kemampuan mengelola usaha dengan pemasaran digital. Selain itu juga meningkatkan kemampuan membuat digital marketing yang bisa menguasai pasar dan meningkatkan kemampuan menggunakan ponsel Android untuk membuat digital pemasaran dengan akun Intagram, Tik Tok, Youtube dan facebook.

”Selama ini pemasaran yang digunakan dengan model tradisional word of mouth, walaupun mengandalkan pemasaran yang sifatnya dari mulut ke mulut atau word of mouth yang dianggap memiliki efektivitas yang tinggi. Namun dalam kondisi sekarang ini, diperlukan cara yang aman terhadap kesehatan, tetapi memiliki jangkauan lebih jauh dan luas untuk menarik konsumen, yaitu dengan memanfaatkan teknologi internet atau digital untuk kegiatan pemasaran serta memanfaatkan kepemilikan ponsel Android untuk dimanfaatkan sebagai sarana pemasara bagi usaha UKM,” katanya.

Salah satu peserta Tatik Rahayu mengaku cukup puas dengan adanya pelatihan tersebut. Dia berharap, ada pelatihan lanjutan dan pendampingan dan pemantauan bagi para pelaku usaha UKM yang telah dibina serta didekatkan dengan lembaga perbankkan untuk kebutuhan modal usaha.

”Saya mendapatkan banyak tambahan pengetahuan tentang cara pemasaran produk melalui internet atau digital. Saya berharap, ada pendampingan kepada temen-temen pelaku UKM,” ungkapnya.

Muhaimin