blank
Upacara peringati Hari Pahlawan di SDN 1 Bringin

JEPARA (SUARABARU.ID) – SD Negeri 1 Bringin melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan, Jumat ( 10/11-2023). Kegiatan dilakukan di halaman sekolah dan diikuti semua dewan guru dan siswa-siswi SD N 1 Bringin. Petugas upacara adalah siswa-siswi dari kelas 6 dan dipimpin oleh Ananda Ardha Maulana.  Pelaksanaan upacara berlangsung hikmat.

Dalam pelaksanaan upacara hari pahlawan dibacakannya pesan – pesan pahlawan atau kata Mutiara oleh Ananda Muhammad Rizky Firdaus dari kelas 6. Terdapat 8 pesan pahlawan yang dibacakannya dan didengarkan oleh semua peserta upacara.

blank
Komariyah, S.Pd.I selaku pembina upacara saat memberikan sambutan

Sementara Komariyah, S.Pd.I selaku pembina upacara memberikan apresiasi terhadap petugas upacara yang telah bertugas dengan sangat baik. Ia juga menyampaikan bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarah. Banyak pahlawan yang telah gugur. Kita semua harus bersyukur, jika tidak ada para pahlawan bisa saja kita masih berperang dan dijajah  sampai saat ini.

Menurut Komariah,  para pelajar Jepara harus berbangga memiliki tiga pahlawan nasional yang berjasa besar bagi bangsa Indonesia, yaitu Ratu Kalinyamat, RA Kartini dan dokter Cipto Mangunkusumo. “Karena itu kita harus meneladani semangat perjuangan dan melanjutkan gagasan-gagasannya,” ujarnya

blank
Pembacaan Teks Pancasila oleh siswa

Kepada siswa ia meminta siswa harus bersyukur dengan cara yang pertama adalah mendoakan para pahlawan. Selain itu anak – anak sebagai generasi muda harus rajin belajar. Dengan belajar jadilah anak – anak yang pintar hingga dapatr melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju. “Untuk itu anak – anak harus belajar supaya dapat memajukan negara Indonesia,” pintanya

Komariyah juga menyampaikan bahwa kita sebagai warga Jepara harus bangga karena Ratu Kalinyamat telah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional negara Indonesia.

Pada intinya melalui peringatan hari pahlawan mari anak – anak giat belajar agar bisa memberantas kebodohan sehingga akan mengentaskan kemiskinan, pesan dari Pembina upacara.

Upacara peringatan hari pahlawan di akhiri dengan menyanyikan lagu Halo – halo Bandung bersama – sama. Untuk meningkatkan rasa semangat anak – anak.

Hadepe – Susi Ermawati Guru SDN 1 Bringin