blank
Sheila Anavisa Pawesti, putri dari Sri Kusmiatun dan Altafunnisa Namira Asyari, putri dari Sari Hermini

JEPARA (SUARA BARU.ID) –SMP Negeri 1 Jepara meraih medali perak dan perunggu serta penghargaan khusus kategori Expo terbaik di bidang IPS  dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional yang diselenggarakan 6-11 November 2023, di Menara Peninsula Hotel Jakarta.

Dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ini, SMP N 1 Jepara mengirimkan dua kategori, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya, dengan judul  “ Cor-Edu: Inovasi Media Edukasi Flipbook berbasis Gamikasi untuk meningkatkan Karakter Anti korupsi Generasi Z, dengan  peneliti Adila Saskya Putri Pratama, putri dari Riya Prasiyo dan Charissa Putri Darmawan, putri dari  Ridwan Darmawan.

blank
Adila Saskya Putri Pratama, putri dari Riya Prasiyo dan Charissa Putri Darmawan, putri dari Ridwan Darmawan.

Sedangkan pada kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan dengan judul penelitian “Virosa (Vinegar  Roti Kedaluwarsa) sebagai bahan Pengawet Alami untuk Makanan” dengan peneliti Sheila Anavisa Pawesti, putri dari Sri Kusmiatun dan Altafunnisa Namira Asyari, putri dari   Sari Hermini.

“Cor-Edu” meraih  Expo terbaik dan medali perunggu untuk kategori Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya. Sedangkan “Virosa” mendapat medali perak untuk kategori Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan. Prestasi ini berkat tangan dingin pembimbing Edi Yulianto beserta Timnya  (Cor-Edu) dan Andi Saifuddin Farij dan Tim (verosa).

blank
SMPN 1 Jepara raih dua medali pada OPSI 2023 Tingkat Nasional

Basuki  kepala sekolah SMPN 1 Jepara merasa bangga dan bersyukur ke hadirat Allah SWT atas prestasi yang diraih siswanya. “ Ini adalah prestasi nasional kedua setelah prestasi serupa di tahun 2022. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras melalui pelatihan yang intensif selama beberapa bulan bersama tim pembina dan pelatih dari para guru SMPN 1 Jepara.

“Saya juga mengucapan terima kasih atas doa dan dukungan dari Bapak Bupati Jepara, Bapak Kadinas Dikpora, Pengawas, komite dan orangtua siswa,“ ujar Basuki.

blank
SMPN 1Jepara raih medali perak dan perunggu dalam OPSI tahun 2023 tingkat Nasional

Suyanto,  waka kesiswaan sangat senang karena sesuai targetnya “pulang harus membawa medali”. Alhamdulillah terwujud. Menurut Suyanto,  hasil akhir dari suatu penelitian adalah produk yang siap dimanfaatkan oleh Masyarakat “. “Ketekunan, kerja keras dan semangat pantang menyerah akan menghasilkan hasil yang terbaik,” ungkap Suyanto via WhatsApp.

Hadepe- Warsih