Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke - 78 Tahun 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat  dari Presiden Joko Widodo disebut Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan sebagai kado terindah bagi masyarakat Jepara. Pengakuan pemerintah pusat atas peran besar Ratu Kalinyamat telah dinantikan sejak tahun 2007  oleh masyarakat Jepara

Hal tersebut disampaikan  AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, Jumat 10 November 2023 di halaman kantor Setda Jepara. Upacara  diikiuti  jajaran Forkopinda Jepara serta Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

Menurut Kapolres Jepara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI kepada Ratu Kalinyamat, bukan hanya mempertegas Ratu Kalinyamat sebagai cikal bakal sejarah peradaban dan berdirinya Kabupaten Jepara.”Namun peran besar beliau dalam mengusir penjajah  diakui oleh bangsa Indonesia,”ujar AKBP Wahyu Nugroho Setyawan

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama Forkopimfda tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Giri Dharma

Ini adalah kebanggan masyarakat Jepara.  Karena itu Kapolres berharap kepada masyarakat Jepara untuk dapat mewarisi semangat perjuangan Ratu Kalinyamat sekaligus menjadikannya pijakan untuk terus berkarya dan giat membangun untuk kemajuan Jepara.

Setelah upacara dilanjutkan dengan tabur bunga sebagai penghormatan pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma Jepara.

Penganugrahan gelar Pahlawan Nasiuonal bagi Ratu Kalinyamat diserahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Istana Negara Jakarta. Dengan adanya gelar pahlawan kepada Ratu Kalinyamat, makin memperkuat posisi Jepara sebagai daerah yang melahirkan Pahlawan Nasional. Sebelumnya adalah dr. Cipto Mangunkusumo dan R.A Kartini.

Hadepe