blank
Suasana senja di Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis 19 Oktober 2023. Foto: Diaz Azminatul Abidin

“Program Gerakan Seribu Embung Pemprov Jateng ternyata tak hanya untuk pengairan pertanian saja. Embung Bansari yang diresmikan Presiden Jokowi didampingi Ganjar Pranowo kini menjelma potensi wisata alam favorit di Kabupaten Temanggung yang menggerakkan ekonomi desa “

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Udara tak begitu dingin, namun cukup segar dihirup hingga membuat paru-paru mengembang dalam satu kali tarikan nafas.

“Dekat Mas 2 km lagi, masih bisa kalau buat berfoto,” kata Slamet, seorang petugas tiket di pos usai memberikan tiket masuk.

Sembari menaiki kendaraan roda dua, kabut tipis nan sejuk turun pelahan sekitar satu jam sebelum matahari jatuh di ujung cakrawala yang tertutup gagahnya Gunung Sindoro.

Sementara pohon-pohon cemara digelayuti kabut tipis menjulang di pematang-pematang kebun yang tertanam cabai, tembakau, dan sayuran lain.

Kanan-kiri sejauh mata memandang, batang-batang tanaman tembakau di tanah terasering sudah terpangkas dan tertata di atas galengan, di waktu yang menuju penghujung musim kemarau ini.

Sebuah tanda, petani desa setempat baru saja menikmati hasil keringat usai masa panen tanaman tembakau.

Matahari sore kian bergerak turun ke arah belakang Gunung Sindoro yang melemparkan warna senja.

Di langit merasuk ke kornea mata, panorama warna lembayung menyebar ke langit dari balik Gunung Sindoro yang berseberangan dengan Gunung Sumbing itu.

Sementara warna lembayung berpendar indah memantul dari permukaan air yang gemulai di Embung lereng Gunung Sindoro.

Begitulah suasana dari Embung Bansari yang dibangun di ketinggian punggung Gunung Sindoro, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis, 19 Oktober 2023.

blank
Embung Bansari yang berada di ketinggian punggung Gunung Sindoro itu jadi destinasi wisata, di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Foto: Diaz Azminatul Abidin

Destinasi Wisata

Di kawasan embung itu, seorang kakek sedang mengajak dua cucunya berjalan-jalan, di sudut lain sekelompok remaja sudah mendirikan beberapa tenda untuk bermalam.

Luasnya kompleks Embung Bansari, membuat anak-anak kecil leluasa bermain dan bermain tentu dengan pengawasan sang kakek. “Momong putu (cucu) Mas ini,” kata dia.

Ya, kawasan Embung Bansari di Kabupaten Temanggung itu tak hanya menjadi wadah untuk menampung air bagi pertanian warga setempat.

Letaknya Embung Bansari berada di sisi Timur Laut Gunung Sindoro, sehingga akan membelakangi matahari saat waktu terbenamnya.