blank
Para siswa SMK Muhammadiyah I Baturetno, Wonogiri, menjelani LDK dengan tema ''Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter di Era Modern.''(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – SMK Muhammadiyah 1 Baturetno (Muhiba) Kabupaten Wonogiri, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini, dilaksanakan dengan mengambil tema: ”Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter di Era Modern.”

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, LDK diikuti sebanyak 35 pelajar. Mereka dipersiapkan menjadi calon pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang baru. Tampil sebagai pemateri, personel TNI dari Koramil-05/Baturetno. Yakni Serka Antonius dan Serda Asep, dengan didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan, Arif Pujianto.

Kepada para peserta diberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dalam berbangsa dan bernegara, penanaman nilai-nilai disiplin, pembinaan mental dan pembentukan karakter. Juga penanaman jiwa patriot, nasionalisme, cinta Tanah Air. Yang dirangkai dengan pelatihan teknik Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Sementara itu, SMP Negeri 3 Slogohimo, Wonogiri, juga mengadakan kegiatan sama. Tampil sebagai instruktur dalam pelatihan LDK bagi sebanyak 35 siswa calon pengurus OSIS di SMP Negeri 3 Slogohimo, anggota Koramil-22/Slogohimo Serda Awaludin, Serda Wahyu dan Koptu Kukuh Setiawan. Personel TNI ini, memberikan pelatihan PBB dan Tata Upacara Bendera (TUB).

Pelatihan LDK tersebut, bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan yang dilandasi sikap disiplin, bertanggung jawab, percaya diri dan mandiri, serta melatih mental dalam penanaman karakter kepada para peserta.

Kepada peserta dipesankan untuk menghindari perbuatan yang melanggar hukum dan melanggar norma id masyarakat, menjauhi tindakan tercela, seperti melakukan kenakalan remaja, tawuran pelajar, mengonsumsi miras dan penyalahgunaan narkoba. ”Apakah untuk larangan ini semua sanggup menghindarinya ?,” tanya instruktur yang dijawab serentak: ”Sanggup…..”
Bambang Pur