blank
Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr Jamal Wiwoho (Kanan) dan Plt Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS Prof. Irwan Trinugroho (Kiri)  menunjukkan penghargaan berupa sertifikat 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds pada acarea yang berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia . Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh predikat 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang berbasis di Inggris.

Penyerahan penghargaan berupa sertifikat dari  Mr. Ben Sowter, Senior Vice President QS Quacquarelli Symonds kepada Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dalam QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia 7-9 November 2023.

“Acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 berlangsung selama tiga hari yakni 7 – 0 November 2023. Pada acara itu diserahkan penghargaan predikat 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds kepada UNS Surakarta” kata Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof. Dr Jamal Wiwoho dalam pers release yang diterima Suarabaru.id Rabu (8/11/2023).

Pencapaian UNS memperoleh predikat 4-Star QS Rating dari QS Quacquarelli Symonds sekarang ini,  lanjut Prof Dr Jamal Wiwoho mengalami peningkatan dari sebelumnya 3-Star di tahun 2018.

Pada penilaian kali ini, UNS secara overall memperoleh 4-star, skor 5-star diperoleh pada indikator employability yang diukur dengan reputasi dimata pengguna lulusan, tingkat keterserapan lulusan di dunia kerja, dan aktivitas career support yang dilakukan perguruuan tinggi. Hasil ini mengindikasikan lulusan UNS memiliki tingkat keterserapan yang tinggi serta memiliki reputasi sangat baik dari pengguna lulusan.

Pencapaian penghargaan yang diraih merupakan kontribusi dan hasil kerja keras serta  cerdas dari seluruh sivitas akademika UNS. Proses penilaian QS-STAR cukup panjang dengan proses penilaian serta audit dan analisis yang teliti.

Sebagaimana diketahui QS STAR merupakan layanan dari QS Quacquarelli Symonds dalam hal penilaian terhadap institusi pendidikan tinggi dengan kriteria lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan dalam pemeringkatan QS World University Rankings. QS STAR memungkinkan suatu perguruan tinggi yang dinilai untuk mengidentifikasi area-area kekuatan dan bidang-bidang yang masih menjadi kelemahan.

Di dalam metodologi QS STAR terdapat 4 kategori yang dinilai yaitu 1) core criteria, 2) specialist criteria, 3) learning environment dan 4) advanced criteria. Adapun untuk core criteria dilihat dari lima aspek meliputi teaching, employability, internationalization, research dan academic development.

blank
Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr Jamal Wiwoho berfoto brsama  dengan para penerima penghargaan dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur Malaysia. Foto: Dok/Humas UNS

Sedangkan learning environment, perguruan tinggi dapat memilih satu satu dari dua aspek yaitu fasilitas atau online learning. Untuk specialist criteria, perguruan tinggi dapat memilih indikator antara subject ranking atau program strength. “Sedangkan untuk advanced criteria diukur dengan dua dari empat indikator yaitu innovation, social responsibility, inclusiveness, art & culture,” jelasnya.

Dari Humas UNS Surakarta diperoleh keterangan, Prof. Irwan Trinugroho, Plt Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS menjadi salah satu pembicara

Pada salah satu sesi dalam QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023. Yang bersangkutan selaku pembicara menyampaikan good practices terkait dengan peningkatan reputasi internasional perguruan tinggi.

Bagus Adji