Para siswa SD beramai-ramai ikut menyambut kunjungan kerja Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, menjelang dilakukan pertemuan bersama para Guru Olahraga se Kecamatan Arjosari.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan tugas mengajar kepada para siswa, para Guru Olahraga di Kabupaten Pacitan, Jatim, juga diminta menjadi insan pencari bakat calon atlet beprestasi di masing-masing sekolahnya.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, harapan itu disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, saat bertemu dengan ratusan Guru Olahraga se Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Acara ini, berlangsung Selasa (7/11), di ruang Kelompok Kerja Guru (KKG) setempat.

Kata Bupati, jangan berhenti sebatas mengajarkan pelajaran di kelas, tapi seorang guru juga memiliki peranan penting dalam mengarahkan bakat dan minat siswa. Dengan cara itu, guru bisa mengasah bakat dan minat anak didiknya dengan tepat.

Melihat dunia olahraga di Pacitan yang banyak potensinya, tandas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), melalui Bapak Ibu Guru Olahraga diharapkan dapat dilakukan penjaringan. Juga digiatkan lagi untuk menemukan bakat-bakat baru potensi calon atlet berprestasi.

Harapan Mas Aji tersebut cukup beralasan, karena sudah terbukti  beberapa putra terbaik Pacitan, mampu menorehkan prestasi yang membanggakan. Bukan hanya di kancah nasional, tapi juga di jenjang internasional. Seperti atlet angkat besi, catur, paralayang, dan cabang olahraga lainnya.

Sangat mungkin, tandas Bupati, masih banyak anak-anak lain yang juga memiliki bakat dan minat, namun keberadaannya belum kelihatan.

Menurut Mas Aji, setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Ada yang menonjol dalam bidang olahraga, ada yang menyukai bidang seni, berbakat di bidang akademik dan ada pula anak yang memiliki bakat lebih dari satu bidang.
Bambang Pur